Sukses

Gempa Guncang Cina, Puluhan Ribu Bangunan Rusak

Gempa menguncang bagian barat daya Cina, membuat sekitar 300 warga terluka dengan 30 korban di antaranya menderita luka berat. Bencana itu mengakibatkan sekitar 30 ribu bangunan rusak.

Liputan6.com, Kunming: Gempa berkekuatan sedang melanda bagian barat daya Cina, Kamis (9/7) pukul 19.19 waktu setempat. Berdasarkan laporan awal, tak ada korban jiwa. Namun, kantor berita Xinhua menyebutkan sekitar 300 warga terluka dengan 30 korban di antaranya menderita luka berat. Sekitar 30 ribu bangunan juga rusak.

Informasi gempa masih simpang siur. Berdasarkan laporan China Earthquake Networks Centre, pusat gempa berlokasi di Guantun sekitar 200 kilometer dari ibu kota Provinsi Yunnan, Kunming. Namun, Survei Geologi Amerika Serikat merevisi, bahwa gempa berpusat di 98 kilometer arah timur laut kota Dali dengan kekuatan 5.7 skala Richter (SR). Sementara Xinhua melaporkan, gempa berkekuatan 6 SR.

Gempa susulan pun terjadi hingga delapan kali dengan skala yang lebih kecil. Getaran gempa susulan ini terasa di beberapa wilayah termasuk kota Chuxiong, Lijiang City, Kunming, dan daerah otonomi khusus Dali Bai. Hal ini membuat warga bertahan di luar rumah.

Otoritas Yunnan mengirim ribuan tenda, selimut, makanan, obat-obatan, dan bantuan lain ke lokasi bencana. Sekitar 600 polisi juga disiagakan di sana.

Pada Mei 2008, gempa berkekuatan 8 SR juga mengguncang Provinsi Sichuan. Sekitar 87 ribu warga dilaporkan tewas atau menghilang. Sementara korban luka mencapai 375 ribu. Gempa paling ganas di Cina selama 30 tahun terakhir itu juga membuat lebih dari lima juta warga kehilangan tempat tinggal.(AND/AFP)



* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini