Sukses

Sempat Ancam Jakarta, Status Bendung Katulampa Kini Normal

Tinggi muka air di Bendung Katulampa sudah turun pagi ini.

Liputan6.com, Bogor - Tinggi muka air di Bendung Katulampa sudah turun pagi ini. Statusnya sudah normal, yakni di ketinggian air 40 sentimeter.

"Tinggi muka air sudah turun secara bertahap dari 100 sentimeter menjadi 60 sentimeter tadi malam. Kemudian pada pukul 24.00 WIB turun di 40 sentimeter dan bertahan sampai pukul 07.00 WIB," kata petugas Bendung Katulampa Andi Sudirman di lokasi, Bogor, Jabar, Jumat (13/11/2015) pagi.

Kamis sore, 12 November 2015 kemarin, ketinggian permukaan air di Bendung Katulampa, Bogor, mencapai level Siaga III atau Waspada, yakni berada di level 100 sentimeter. Apabila kondisi ini terus bertahan sampai tengah malam tadi, sejumlah permukiman penduduk di Jakarta kemungkinan besar akan terkena luapan dari Sungai Ciliwung.

Pada level 100 sentimeter, misalnya, kata dia, volume air sebanyak 138.120 liter per detik mengalir ke Jakarta.

"Kalau semalaman bertahan di level 100 tentunya patut diwaspadai. Tapi semalam tinggi air turun secara bertahap karena di wilayah puncak hujan reda," ujar dia.

Cuaca pagi ini di wilayah Bogor dan Puncak tepantau cerah sehingga ada kemungkinan tinggi permukaan air kembali normal.

"Jika di kawasan hulu sungai cerah, kemungkinan air kembali normal," ujar Andi. (Ndy/Ado)**

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.