Sukses

Kemlu: Masalah Pengungsi Rohingya Sulit Selesai dalam Setahun

Saat ini sulit untuk menemukan negara yang mau menampung para pengungsi tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - Direktur Jenderal Multilateral Kementerian Luar Negeri, Hasan Kleib angkat bicara terkait nasib pengungsi Rohingya yang ditampung sementara di Aceh. Rencananya, imigran ilegal tersebut akan ditempatkan di Indonesia selama setahun.

Hasan mengatakan, tak mudah menyelesaikan masalah ini dalam waktu setahun. Sebab, saat ini sulit untuk menemukan negara yang mau menampung para pengungsi tersebut.

"Maka itu apa yang disampaikan Bu Menlu dengan Menlu Malaysia bahwa kita penyelesaian iregular migrant dari Rohingya diselesaikan dalam satu tahun agak sulit," ujar Hasan di Jakarta, Selasa (10/11/2015).

"Ini karena negara-negara yang seyogianya menerima sekarang sedang didatangi puluhan ribu bahkan sampai 160 ribu (pengungsi) dari Suriah dari Irak," kata dia.

Hasan mengatakan, negara-negara yang biasa menampung pengungsi seperti di kawasan Eropa, sebelum dibanjiri pengungsi asal Timur Tengah, masih membuka kesempatan untuk menyediakan tempat penampungan.

Namun, setelah kejadian itu, kesempatan itu mulai tertutup.

"Sebelum ada arus pengungsi ke Eropa ada celah tuh negara yang mau menampung. Karena dengan beberapa negara seperti Jerman dan Eropa sudah sedikit membuka pintu untuk menerima. Tapi dengan adanya arus pengungsi ke Eropa sekarang, jangankan menerima 5, 10, 15 dari Indonesia, mereka aja sudah kewalahan," kata Hasan.

Lantaran itulah, Hasan meminta agar masalah pengungsi tidak cuma dibebankan pada negara transit seperti Indonesia. Namun, bisa dibicarakan antarnegara asal, transit dan tujuan para pengungsi ilegal ini. (Ron/Ans)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.