Sukses

Ini Pahlawan Inspirasi Kapolri Badrodin Haiti

Kapolri Jenderal Polisi Badrodin Haiti punya pahlawan yang selalu ia jadikan sebagai figur panutan dan sumber inspirasi.

Liputan6.com, Jakarta - Kapolri Jenderal Polisi Badrodin Haiti punya pahlawan yang selalu ia jadikan sebagai figur panutan dan sumber inspirasi. Adalah Muhammad Yasin, Bapak Brimob Polri yang dikenal sebagai pejuang kemerdekaan Indonesia dalam mengusir para penjajah bersama Bung Tomo.

"Pak Yasin, itu kan yang ikut memperjuangkan (kemerdekaan) sebagai pahlawan. Bung Tomo juga iya. Mereka menginspirasi semua orang," kata Badrodin di Jakarta Selatan, Selasa (10/11/2015).

Muhammad Yasin atau dikenal dengan M Yasin semasa hidupnya juga merupakan seorang Brigadir Mobil (Brimob) Polri. Ia ikut terlibat langsung dalam mengusir penjajah Indonesia.

Sementara Bung Tomo, pria dengan nama asli Sutomo, kelahiran Surabaya 3 Oktober 1920 ini, menjadi tokoh kunci perlawanan arek-arek Surabaya dalam upaya mengusir tentara Inggris yang didomplengi Belanda dalam pertempuran bersejarah pada 10 November 1945.

Nilai-nilai para pahlawan bangsa yang telah memperjuangkan kemerdekaan itulah, kata Badrodin, yang harus menjadi contoh bagi generasi penerus bangsa.

"Nilai-nilai kepahlawan itu yang harus kita teladani, menginspirasi kita untuk sama-sama membangun bangsa," ujar dia.

Keteladanan ini juga telah dipraktikan oleh anggota polisi Bintara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Babinkamtibmas). Khususnya mereka yang membebaskan warga di pasung dan kemudian dibawa untuk berobat.

"Nah ini kan bagus, artinya ada ruang-ruang yang bisa dilakukan polisi baik di pusat atau di daerah untuk bisa kita teladani jadi inspirator melakukan terbaik bangsa," tandas Badrodin. (Ndy/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini