Sukses

Negara-negara Ini Sering Langgar Wilayah Udara Indonesia

Pelanggaran tersebut berpotensi memicu konflik antar-negara.

Liputan6.com, Pekanbaru - Wilayah teritorial udara Indonesia rupanya sering dilanggar pesawat tempur negara lain. Terpantau paling banyak dilakukan oleh Malaysia, Brunei Darussalam, Filipina, dan negara-negara di kawasan Asia Tenggara (ASEAN) lainnya.

Hal ini terungkap dari perbincangan Liputan6.com dengan Komandan Lapangan Udara (Danlanud) Roesmin Nurjadin Pekanbaru Marsma Henri Alfiandi. Karena itu, menurut dia, pelanggaran tersebut berpotensi memicu konflik antar-negara.

"Potensi konflik yang paling besar itu datang dari negeri tetangga. Ibarat sebuah rumah tangga, potensi konflik itu datang tetangga sendiri, ya dari kanan-kiri," ucap Henri di kantornya, Pekanbaru, Riau, Selasa (10/11/2015).

"Ya negeri tetangga itu seperti Malaysia, Brunei dan beberapa negara Asia Tenggara lainnya. Negara inilah yang sering melanggar teritorial udara untuk kawasan Sumatera," tambah Hendri.

Meski demikian, tutur Henri, negara tetangga yang melanggar batas itu tak bisa langsung dinyatakan musuh. Sebab, pelanggaran itu belum memberikan ancaman serius terhadap Indonesia.

Menurut dia, dalam rumus militer, potensi konflik itu selalu dilakukan tetangga. Daerah yang berdekatan menjadi faktor utama.

Untuk menghindari maraknya pelanggaran itu, TNI AU menyiagakan beberapa pesawat tempur yang ada di lapangan udara untuk meningkatkan patroli perbatasan.

"Operasi ini dinamakan Baruna Nusantara. Patroli dilakukan rutin disetiap perbatasan yang ada di Indonesia," ungkap Marsma Henri.

Operasi Baruna Nusantara ini dilakukan seiring dengan status siaga I yang ditetapkan Panglima TNI. Status ini untuk meningkatkan kesiagaan dan kewaspadaan Indonesia dalam menghadapi berbagai ancaman.

"Status saat ini sudah siaga I. Status ini merupakan kesiapsiagaan personel TNI atas perintah Panglima TNI," pungkas Henri. (Ndy/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.