Sukses

Ke Surabaya Malam Ini, Jokowi Pimpin Upacara Hari Pahlawan Besok

Usai memimpin upacara, Jokowi menuju Galangan Kapal PT Adi Luhung Sarana Segara Indonesia (ALSSI) di Kabupaten Bangkalan.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi malam ini bertolak menuju Surabaya, Jawa Timur. Kedatangan Jokowi untuk memimpin upacara peringatan Hari Pahlawan 10 November di Tugu Pahlawan, Surabaya.

‎"Malam ini, pukul 21.00 WIB,  Presiden berangkat ke Surabaya, menginap di Surabaya dan kemudian besok pagi, jam 8 pagi akan mengikuti upacara Hari Pahlawan," ujar Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno di Istana Negara, Jakarta, Senin, (9/11/2015).

‎Menurut dia, kehadiran Jokowi di Surabaya menjadi catatan tersendiri, karena ini adalah kali pertama upacara peringatan Hari Pahlawan dilaksanakan di Surabaya dan dipimpin langsung seorang presiden.

‎Usai memimpin upacara, Jokowi dijadwalkan menuju Galangan Kapal PT Adi Luhung Sarana Segara Indonesia (ALSSI) di Kabupaten Bangkalan.  Dalam beberapa kesempatan kunjungannya ke daerah, presiden menyempatkan diri untuk melihat industri galangan kapal.


Menurut Pratikno, hal ini dilakukan untuk menunjukkan keseriusan pemerintahan Jokowi-JK memperhatikan sektor maritim sebagaimana yang disampaikan presiden pada pidato perdana di MPR pada 20 Oktober 2014. ‎

"Di Bangkalan ini, Presiden meresmikan Kapal Khusus Pengangkut Ternak KM Camara 1, Kapal Perintis Tipe 750 DWT KM Sabuk Nusantara 56 dan Kapal Perintis Tipe 750 DWT KM Sabuk Nusantara 55," ucap Pratikno.

Pada sore harinya, Jokowi menuju Malang untuk membuka turnamen sepakbola Sudirman Cup.  Ini adalah turnamen yang dijanjikan presiden usai menyaksikan pertandingan final Piala Presiden antara Persib dan Sriwijaya FC.

Hari berikutnya, Jokowi akan melanjutkan kunjungan kerjanya menuju Tuban melihat PT Trans Pacific Petrochemical Indotama (TPPI).  ‎Di TPPI ini, presiden akan melihat pemrosesan bensin premium di dalam negeri. Proses premium ini akan mengurangi impor premium 20 persen atau 61.000 barel per hari. Bila harga gasoline USD 60 per barel maka penghematan devisa mencapai USD 1,9 miliar per tahun atau hampir Rp 24 triliun penghematan per tahun.

‎Sebelum kembali ke Jakarta, Jokowi meluncurkan program penciptaan lapangan kerja melalui sinergi investasi dengan pondok pesantren di Kabupaten Gresik.

Presiden dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo akan kembali ke Jakarta pada Rabu 11 November 2015 pukul 17.30 WIB dan diperkirakan tiba di Jakarta pada pukul 18.50 WIB. (Ron/Ado)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini