Sukses

DPR dan Presiden Italia Bahas Peningkatan Kerja Sama Kedua Negara

Banyak potensi kerjasama yang bisa dikembangkan oleh kedua negara. Tidak hanya meliputi aspek ekonomi tapi juga budaya dan pariwisata.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua DPR Setya Novanto menerima kunjungan Presiden Italia Sergio Mattarella di Gedung Nusantara III, di Gedung DPR, Senayan, Jakarta.

Pertemuan ini digelar dalam rangka penguatan hubungan bilateral kedua negara yang sudah terjalin selama lebih dari 60 tahun. Terutama hubungan ekonomi.

Setya menjelaskan, nilai perdagangan Indonesia dengan Italia pada tahun 2013 mencapai 3,82 miliar dolar. Pada tahun 2014 meningkat menjadi sekitar 4 miliar dolar.

"Kami berharap hubungan perdagangan kedua negara ke depannya dapat terus ditingkatkan, begitu juga kerja sama di bidang-bidang lainnya, termasuk investasi," ujar Setya di Gedung Nusantara III, Senayan, Senin (9/11/2015).

Dia menilai, banyak potensi kerja sama yang bisa dikembangkan oleh kedua negara. Potensi itu tidak hanya meliputi aspek ekonomi dan perdagangan, tetapi juga aspek sosial-budaya dan pariwisata.

"Salah satunya jalan yang kita gagas untuk menjaga hubungan ini adalah dengan dibentuknya Asosiasi Persahabatan dan Kerja Sama Indonesia - Italia pada tahun 2006," papar Setya.

Tidak hanya itu, lanjut Setya, DPR juga sudah membentuk Forum Konsultasi Bilateral pada tahun 2009.

"DPR akan mendukung sepenuhnya berbagai upaya peningkatan kerja sama bilateral Indonesia - Italia, terlebih jika hal itu akan membawa kemajuan bagi kehidupan masyarakat kedua negara" kata Setya.

Setya juga mengungkapkan, Indonesia ingin belajar dari pengalaman Italia tentang manajemen keuangan khususnya asset recovery pengembalian dana luar negeri.

Selain itu, dia juga menginginkan Italia dapat memberikan dukungan usulan bebas visa bagi warga negara Indonesia untuk ke Eropa.

"DPR kini memiliki peran diplomasi untuk mendukung politik luar negeri pemerintah, termasuk untuk mendukung penguatan hubungan bilateral Indonesia dengan negara-negara sahabat," pungkas Setya.

Dalam kunjungan tersebut, hadir juga Wakil Ketua DPR Fadli Zon dan Fahri Hamzah, Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) Nurhayati Ali Assegaf, Anggota DPR Mukhamad Misbakhun dan Tantowi Yahya. (Dms/Mvi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.