Sukses

Ahok Usul Ada Regulasi UMP Regional Jawa-Bali

Ahok melihat ketimpangan UMP saat ini mengkhawatirkan. Sebut saja UMP di Majalengka hanya Rp 1 juta lebih, sedangkan di Jakarta Rp 3,1 juta.

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok ingin Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Regional Jawa-Bali melahirkan terobosan. Salah satunya bisa merumuskan mekanisme penentuan upah minimum Jawa-Bali.

"Saya pikir nanti ada mekanisme upah minimum nasional. Paling tidak upah minimum Jawa-Bali dulu deh untuk inisiasi," kata Ahok saat sambutan pembukaan Musrenbang Regional Jawa-Bali di Balai Kota, Jakarta, Kamis (5/11/2015).

Ahok melihat ketimpangan UMP saat ini sangat mengkhawatirkan. Sebut saja UMP di Majalengka hanya Rp 1 juta lebih, sedangkan di Jakarta Rp 3,1 juta. Padahal kedua wilayah ini masih berada di Pulau Jawa.


"Kalau terus begitu, bisa jadi ini kesenjangan tambah tinggi. Kita harus mulai susun, nih. Kita bisa bahas UMP regional dulu," ujar Ahok.

Musrenbang kali ini memang fokus membahas Ruang Terbuka Hijau (RTH), Ruang Terbuka Biru (RTB), dan pengolahan sampah. Tapi, menurut Ahok, pembahasan ini tak butuh diskusi panjang.

"Kalau RTH dan RTB mah ngomongin duit sama kemauan saja. Kalau bapak punya tanah kita bayar," ujar Ahok. (Ron/Sun)**

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini