Sukses

Medan ke Titik Api di Lereng Gunung Merapi Tergolong Berat

Api yang membakar hutan di Gunung Merapi belum padam hingga pagi ini.

Liputan6.com, Jakarta - Hutan lindung di Lereng Gunung Merapi terbakar. Api bahkan belum padam hingga pagi ini.

"Medannya berat untuk ke titik api," tulis Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Sutopo Purwo Nugroho, dalam akun Twitter-nya, Jakarta, Senin (2/11/2015).

Titik api pertama kali muncul di kawasan Hutan Lindung Gunung Merapi di Desa Sepi, Selo, Boyolali pada Minggu 1 November 2015 pagi. Embusan angin kencang mengakibatkan kebakaran itu merambat ke wilayah sekitar.

Sekitar 200 pendaki juga telah dievakuasi ke tempat yang aman oleh tim gabungan.

"Asap kebakaran di Taman Nasional Gunung Merapi masih mengarah ke atas. Sebanyak 200 pendaki berhasil dievakuasi," sebut Sutopo.
 

Lereng Gunung Merapi terbakar, Minggu 1 November 2015. (Twitter Sutopo Purwo Nugroho)

Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi melalui akunnya di Twitter @BPPTKG, turut mengabarkan kebakaran hutan di Merapi.

"Kebakaran #Merapi via cctv #Merbabu terlihat dua jalur api. Mohon doanya api tdk smkin besar," tweet @BPPTKG, Minggu 1 November 2015 malam. (Bob/Ans)*

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini