Sukses

Sarwono Kusumaatmadja: Kabut Asap Tutupi 3/4 Wilayah Indonesia

Sarwono juga melihat perlu menggali pandangan pandangan dari berbagai elemen mengenai hutan di masa mendatang.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerhati Lingkungan Hidup Sarwono Kusumaatmadja menyatakan, kabut asap yang dikarenakan kebakaran hutan, sudah menutupi 3/4 wilayah Indonesia.

“Ini tindak kesengajaan yang menyebabkan kerugian pada materi, kegiatan ekonomi serta energi dan biaya yang sangat amat besar. Kerusakan sudah menjalar di 3/4 wilayah Indonesia,” ujar Sarwono di Jakarta, Sabtu (31/10/2015).

Ia juga memandang perlu melihat kembali kebijakan kehutanan dan pemanfaatannya. Sarwono juga melihat perlu menggali pandangan pandangan dari berbagai elemen mengenai hutan di masa mendatang.

“Mentalitas seperti ketidaktauan, kerakusan, dan korupsi, mengakibatkan berbagai bencana di Indonesia. Proses perubahan iklim juga terjadi oleh manusia itu sendiri akibat proses industrialisasi yang sudah terjadi lama. Sekitar 300 tahun yang lalu,” lanjut Sarwono.

Mantan Menteri Negara Lingkungan Hidup di era pemerintahan Presiden Abdurahman Wahid atau Gus Dur ini juga menekankan bahwa dengan adanya kejadian itu, ia mengharapkan pemerintahan harus melakukan 3 hal utama untuk permasalahan hutan seperti konservasi, rehabilitasi, dan restorasi. (Ron/Nda)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.