Sukses

16 Calon Kepala Daerah Ziarah ke Makam Soeharto

Dengan ziarah diharapkan bisa mengambil hikmah dari nilai-nilai ataupun ajaran-ajaran yang sudah dilaksanakan oleh Soeharto.

Liputan6.com, Solo - Jelang pilkada serentak, belasan calon kepala daerah berziarah ke makam mantan Presiden Soeharto di Giribangun, Matesih, Karanganyar, Jawa Tengah. Tujuan dari ziarah ini supaya mereka bisa meneladani kepemimpinan Presiden ke-2 RI yang menyejahterakan rakyat.

Pantauan Liputan6.com, rombongan para calon bupati maupun wali kota dari berbagai daerah di Indonesia itu tiba di kompleks Makam Astana Giribangun dengan bus dan mobil sekitar pukul 14.30 WIB. Sebanyak 16 calon kepala daerah yang tiba di Giribangun langsung disambut oleh juru kunci makam Pak Harto, Sukirno.

Setelah itu, rombongan calon kepala daerah langsung menaiki tangga menuju ma‎kam Astana Giribangun. Selanjutnya, para calon bupati maupun wali kota itu langsung berpose foto bersama di depan pintu gerbang makam.

Sebelum ziarah ke makam mantan penguasa Orde Baru dan Ibu Tien, para calon kepala daerah itu terlebih dulu berziarah ke makam Pangeran Sambernyawa di Astana Mangadeg. Setelah itu, rombongan langsung melanjutkan ziarah ke makam Soeharto dan Ibu Tien.


Koordinator rombongan calon kepala daerah, Haryanto, mengatakan pada kegiatan kali ini sejumlah rekan-rekan calon kepala daerah dari berbagai daerah di Indonesia melakukan ziarah ke makam mantan Presiden Soeharto.

"Ada sekitar 16 calon kepala daerah yang ikut kegiatan ziarah dan doa bersama di makam Giribangun," kata Haryanto yang juga calon Wali Kota Magelang.

Tujuan kegiatan tersebut, kata dia, adalah untuk mendoakan arwah mantan Presiden Soeharto dan keluarga. Selain itu, dengan acara ini diharapkan bisa mengambil hikmah dari nilai-nilai ataupun ajaran-ajaran yang sudah dilaksanakan oleh Soeharto.

"Ziarah ke sini untuk mendoakan arwah Jendral Besar Soeharto. ‎Kemudian, dengan berziarah ini semoga ketika nanti kami bisa terpilih menjadi pemimpin daerah bisa mengaplikasikan nilai-nilai yang diajarkan Pak Harto yang pro rakyat dengan menyejahterakan rakyat," ujar dia.

Ke-16 kepala daerah yang berziarah ke makam Soeharto di antaranya berasal dari Oku, Bengkalis, Pandeglang, Cianjur, Sukabumi, Purbalingga, Kota Magelang, Ponorogo, Pasir, Balikpapan, Lombok, Tidore dan lainnya.

"Jadi dari berbagai calon kepala daerah itu kita koordinasi untuk bisa ziarah bersama," kata Haryanto. (Nil/Sun)**

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini