Sukses

JK: Radikalisme Muncul karena Kemiskinan

JK menegaskan pada setiap negara yang terjadi konflik pasti ada kemiskinan di masyarakatnya.

Liputan6.com, Malang - Wakil Presiden Jusuf Kalla meminta semua pihak turut serta menciptakan kehidupan masyarakat yang lebih baik. Hal itu diungkapkan JK usai menerima hadiah karikatur tokoh perdamaian dari Universitas Islam Malang (Unisma), Jawa Timur.

"Terima kasih atas pemberian karikatur perdamaian. Saya selalu ingin berusaha dan menjalankan bagaimana masyarakat kita hidup dengan damai agar masyarakat bisa berusaha dengan baik," kata Jusuf Kalla dalam sambutannya di Unisma, Sabtu (31/10/2015).

Pria yang akrab disapa JK ini menegaskan di setiap negara yang terjadi konflik pasti memunculkan kemiskinan di masyarakatnya. Dampak lain yang ditimbulkan adalah munculnya radikalisme, semisal radikalisme agama.

"Radikalisme itu timbul karena kehidupan yang tak seimbang. Kita harus belajar dari konflik Poso, Ambon, juga Al-Qaeda dan sekarang ISIS semua timbul karena kemiskinan," ucap JK.

Ia melanjutkan semua konflik itu juga timbul karena ada ketegangan dan ketidakpuasan terhadap negara yang dianggap tak mampu mengurus masyarakatnya.

Karena itu, semua elemen di bangsa ini harus terlibat aktif dan mendorong agar kehidupan masyarakat menjadi lebih baik. Ini juga agar Indonesia terhindar dari masalah seperti yang menimpa di banyak negara Islam di dunia.

"Semoga kita terhindar dari semua itu dengan syarat bahwa negara makmur, adil, dan negara punya kemampuan dan waktu untuk masyarakatnya berbuat lebih baik," ucap JK.

JK hadir di Unisma untuk meresmikan pembangunan gedung pascasarjana dan Rumah Sakit Islam. Karikatur tokoh perdamaian diberikan lantaran JK dinilai mampu menginisiasi konflik di Aceh, Ambon, Poso, dan sejumlah daerah konflik lainnya. (Ali/Nil)**

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini