Sukses

Angin Puting Beliung Terjang 7 Desa di Bogor

Ke-7 desa itu meliputi Desa Ciapus, Ciomas Rahayu, Mekar Jaya, Sukamakmur, Sukaharja, keluraha Padasuka, dan Pagelaran.

Liputan6.com, Bogor - Hujan deras disertai angin kencang mengakibatkan sejumlah rumah warga di Bogor rusak diterjang angin puting beliung, Jumat petang.

Berdasarkan data sementara, ada 7 desa di Kecamatan Ciomas, Kabupaten Bogor yang rusak. Ke-7 desa itu meliputi Desa Ciapus, Ciomas Rahayu, Mekar Jaya, Sukamakmur, Sukaharja, keluraha Padasuka, dan Pagelaran.

"Berdasarkan laporan dari tim, angin puting beliung merusak rumah di 7 desa. Namun dari ke-7 desa, yang paling parah terjadi di desa Ciapus," kata Budi Aksomo Kepala Seksi Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor, 30 Oktober 2015.
   
Namun demikian, dirinya belum bisa menyebutkan jumlah rumah yang rusak. Sebab, saat ini tim reaksi cepat dari BPBD Kabupaten Bogor masih fokus melakukan evakuasi para korban bencana.

"Kami fokus membantu korban bencana dulu, setelah itu baru diketahui berapa jumlah rumah yang rusak berat, sedang dan ringan," kata dia.

Umumnya, kata dia, kerusakan terjadi pada atap dan bangunan rumah akibat tertimpa pohon. "Ada juga atapnya beterbangan karena tertiup angin kencang," ujar dia.

Menurutnya, Kecamatan Ciomas merupakan wilayah langganan angin puting beliung. "Ya memang langganan. Beberapa bulan lalu pun beberapa wilayah desa di kecamatan tersebut mengalami kejadian serupa," tutup Budi. (Ron/Nda)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini