Sukses

31-10-1984: Diduga Motif Agama, PM India Tewas Ditembak Ajudannya

Sebelumnya, Indira Gandhi berkali-kali didera teror dan ancaman usai insiden penyerangan tempat suci Sikh.

Liputan6.com, New Delhi - Perjalanan hidup Perdana Menteri India, Indira Gandhi berakhir tragis, pada 31 Oktober 1984. Perdana Menteri wanita pertama India itu tewas usai ditembak oleh ajudannya sendiri, yakni Satwant Singh dan Kehar Singh

Kejadian terjadi ketika Indira Ghandi sedang berjalan di pekarangan rumahnya. Tiba-tiba peluru dari dua ajudannya menghunus tubuhnya. Sang Perdana Menteri langsung dilarikan ke rumah sakit. Sementara, aparat keamanan langsung mengejar kedua pelaku dan menembaknya.

Tim dokter melakukan operasi kepada Indira Gandhi yang saat itu sudah sekarat. Namun nyawanya tak terselamatkan. Sang kepala pemerintahan itu akhirnya menghembuskan nafas terakhir.

Diduga, penembakan ini berlandaskan motif agama. Kedua ajudan yang diketahui beragama Sikh mencoba membalas dendam atas penyerangan di tempat suci agama Sikh pada beberapa sebelumnya, Juni 1984.

Sebelumnya, Indira Gandhi berkali-kali didera teror dan ancaman usai insiden penyerangan tempat suci Sikh yang ketika itu, mengakibatkan 1.000 orang tewas.

Pada malam hari sebelum meninggal, Indira Gandhi sempat berorasi dan seakan mengucapkan kata-kata terakhir. "Hidupku akan selalu ada untuk negaraku tercinta. Jika aku mati hari ini, setiap darah yang mengalir justru akan menguatkan negaraku," ujar Gandhi.

Usai insiden penembakan yang mengakibatkan Indira Gandhi tewas, situasi India masuk status Siaga. Warga Hindu naik pitam dan menyerang warga Sikh yang dianggap bertanggung jawab atas kematian Bu Perdana Menteri.

Ribuan orang meregang nyawa akibat kerusuhan ini. Keamanan pun ditingkatkan. Sejumlah jalan utama ditutup. Demikian seperti dimuat BBC on This Day.

Putra Indira Gandhi, Rajiv Gandhi kemudian terpilih sebagai Perdana Menteri untuk menggantikan sang ibunda. Situasi India pun kembali berangsur damai. Namun nasib sang anak juga berakhir tragis. Ia tewas dibunuh pelaku bom bunuh diri pada 21 Mei 1991.

Sementara itu, pada 6 Januari 1989, terdakwa pembunuh Indira Gandhi, Satwant Singh dan Kehar Singh dihukum gantung.

Sejarah juga mencatat pada 31 Oktober 2000, pesawat Singapore Airlines dengan nomor Penerbangan 006 mengalami kecelakaan di Bandara Chiang Kai-Shek (sekarang Bandara Internasional Taoyuan Taiwan).

Pada tanggal yang sama tahun 2003, Mahathir Mohamad mengundurkan diri sebagai Perdana Menteri Malaysia dan digantikan oleh Wakil Perdana Menteri Abdullah Ahmad Badawi setelah 22 tahun berkuasa. (Ron/Dms)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.