Sukses

Fadli Zon: BUMN Jangan Gerogoti Uang Rakyat

Sikap penolakan pengesahan RAPBN 2016 diambil karena tidak ingin anggaran yang dirancang pemerintah tidak prorakyat.

Liputan6.com, Jakarta - ‎Gerindra masih kukuh menolak untuk pengesahan Rancangan Anggaran Penerimaan dan Belanja Negara (RAPBN) 2016. Sebab, dalam rancangan tersebut dialokasikan penyertaan modal negara (PMN) Rp 39 triliun untuk BUMN yang dipandang menyia-nyiakan uang rakyat.

"Bagaimana sikap pemerintah terhadap tuntutan bahwa anggaran nanti akan tersia-sia dan hak rakyat tidak terepresentasikan. ‎BUMN itu untuk kemakmuran rakyat. Kalau terus berulang buat apa ada BUMN. BUMN kita harus menyumbang pada APBN, bukan gerogoti APBN," kata Wakil Ketua Umum Gerindra Fadli Zon di Gedung DPR, Jakarta, Jumat (30/10/2015).

Wakil Ketua DPR itu juga mengatakan, sejauh ini ada 9 Fraksi yang setuju dengan RAPBN 2016. Namun hal itu masih bisa berubah, tergantung lobi para anggota dewan dengan pemerintah.

"Sejauh mana pembicaraan kita dengan pemerintah, pembicaraan di tingkat lobi seperti apa. Kalau catatan itu diterima, kita lihat nanti, kita rapatkan. Catatan yang serius itu saya kira soal PMN," tutur dia.

"Tentu masing-masing fraksi punya penilaian baik yang menerima maupun yang menolak atau yang menerima dengan catatan. Ini masih proses, belum tuntas," tambah Fadli Zon.

Fadli juga menekankan sikap ini diambil karena tidak ingin anggaran yang dirancang pemerintah tidak prorakyat. Bila seandainya tidak ada mufakat dalam rapat paripurna ini, maka pemerintah bisa memakai APBN-Perubahan 2015.

"Ya ini kan sikap terhadap APBN dan dalam mekanisme kita tidak ada namanya anggaran berhenti, bisa pakai anggaran yang lalu," tandas Fadli. (Ali/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • BUMN adalah singkatan dari Badan Usaha Milik Negara yang beroperasi di Indonesia.

    BUMN

  • Gerindra ialah sebuah partai politik di Indonesia
    Gerindra ialah sebuah partai politik di Indonesia

    Gerindra

  • Fadli Zon lahir di Jakarta, 1 Juni 1971. Saat ini menjabat sebagai Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia
    Fadli Zon lahir di Jakarta, 1 Juni 1971. Saat ini menjabat sebagai Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia

    Fadli Zon

Video Terkini