Sukses

BNPB: Usai Hujan, Kekeringan Akan Kembali Datang

BMKG memperkirakan 4 hari ke depan masih turun hujan, tapi kekeringan selama 2 minggu masih mengintai.

Liputan6.com, Jakarta - Hujan yang turun di beberapa tempat bencana asap telah berhasil menurunkan titik api secara signifikan. Namun, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menghimbau agar masyarakat terus waspada atas bencana ini.

Sebab, menurut Kepala Data dan Informasi BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, setelah hujan deras beberapa hari ini kekeringan akan kembali datang.

"BMKG memperkirakan sampai 4 hari ke depan hujan masih akan melimpah ini adalah golden time kita. Karena ada kemungkinan habis itu akan masuk ke (musim) kering lagi mungkin bisa 2 minggu," kata Sutopo di Kantor BNPB, Jakarta, Jumat (30/10/2015).

Untuk menanggulangi kekeringan tahap 2 ini, BNPB akan mengintensifkan hujan buatan. Sebab dengan hujan buatan maka hujan alami akan terpicu untuk turun.

"Hujan buatan mempercepat proses hujan dan mempercepat intensitas hujan ketika satu wilayah turun hujan maka tempat lain terpicu hujan," kata Sutopo. (Nil/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.