Sukses

9 Rumah di Agam Sumbar Diterjang Puting Beliung

Angin puting beliung datang secara tiba-tiba di Kabupaten Agam, Sumatera Barat.

Liputan6.com, Agam - 9 Unit rumah semi permanen rusak akibat puting beliung di Jorong Lubuk Alung, Kenagarian Bawan, Kabupaten Agam, Sumatera Barat, Kamis sekitar 17:15 WIB.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Agam, Bambang Warsito, didampingi Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Yunaidi mengatakan, angin puting beliung yang datang secara tiba-tiba tersebut tidak mengakibatkan adanya korban jiwa.

Namun pemiliki rumah mengalami luka ringan atas nama Adnofrizal (30), Samsiar (40), Bujan Remon (45), Baini(60).

"Mereka ini mengalami luka akibat reruntuhan rumah tersebut. Saat ini korban sudah dievakasuai ke rumah tetangga tidak jauh dari lokasi," kata Bambang, Kamis 29 Oktober 2015.

Kini, katanya, instansi terkait dan Camat Ampek Nagari sedang melakukan pendataan kerugian akibat bencana ini.

Salah seorang warga, Bujang Remon, mengatakan sekitar pukul 5 sore turun hujan deras sekitar beberapa menit.

Setelah itu datang angin puting beliung cukup kencang yang merusak sembilan unit rumah semi permanen.

"Kami sangat terkejut melihat anging puting beliung dan kami keluar dari rumah," kata Bujang.

Dengan kejadian ini, Bambang Warsito mengimbau masyarakat agar waspada dengan cara menghindari bangunan dan pohon saat angin puting beliung melanda daerah itu, sehingga tidak terjadi korban jiwa.

"Ini merupakan angin puting beliung kedua melanda Agam pada 2015, karena beberapa waktu lalu angin puting beliung juga melanda Lubuk Basung," kata Bambang. (Ant/Ron/Nda)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini