Sukses

Fraksi Nasdem Minta Semua Anggota DPR Dukung RAPBN 2016

Anggota Komisi IX DPR Johnny G Plate mengatakan, pembahasan APBN sesuai dengan visi misi Jokowi.

Liputan6.com, Jakarta - Anggota Komisi IX DPR dari Fraksi Nasdem Johnny G Plate meminta agar setiap anggota dewan mendukung pembahasan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2016.

Ia menegaskan, jangan sampai RAPBN 2016 disusun atas dasar kepentingan golongan, melainkan demi terwujudnya visi-misi pemerintahan Presiden Joko Widodo, sehingga pembahasannya harus selesai tepat waktu.

"RAPBN 2016 harus sesuai visi-misi negara yaitu visi-misi Pak Jokowi yakni Nawacita. RAPBN 2016 bukan visi-misi kelompok atau golongan, maka semua pihak harus mendukung sepanjang pro rakyat," kata Johnny G Plate di Gedung DPR, Jakarta, Kamis (29/10/2015).

Terkait dengan penyertaan modal negara (PMN) sejumlah Rp 39 triliun kepada Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang dipermasalahkan sejumlah anggota dewan, Johnny menilai modal itu diberikan ‎untuk memperlebar pembiayaan proyek-proyeknya di pasar uang dan mampu berkontribusi dalam membangun infrastruktur.

Jika sudah masuk dalam APBN 2016, pencairan PMN itu pun tetap harus melalui pembahasan dan pengesahan di komisi lebih dulu, sehingga tidak disalahgunakan.

"Kalau BUMN tidak menguntungkan tentu tidak layak diberikan PMN. PMN hanya diberikan kepada BUMN yang mampu mengambil bagian dalam membangun infrastruktur," tegas Johnny.

Jangan Terlambat

Sementara Ketua Fraksi Hanura Nurdin Tampubolon meminta jangan sampai pembahasan RAPBN 2016 terhambat oleh kepentingan politik semata. Nurdin menekankan jangan sampai perseteruan Koalisi Merah Putih dan Koalisi Indonesia Hebat dalam RAPBN 2016 berlanjut.

"‎Menurut saya, jangan kita hubungkan KMP-KIH dengan RAPBN 2016 saat ini. Kami sudah selesaikan tugas kami di komisi, tinggal selesaikan di rapat paripurna," ujar Nurdin.

"Tidak ada KIH dan KMP, hanya ada beberapa fraksi yang mempermasalahkan. Tapi dalam 1 hari sebelum rapat paripurna selesai, apa diterima sesuai usulan pemerintah, apa ada yang 1 atau 2 di drop," tambah dia.

Adapun Wakil Ketua DPR Agus Hermanto berharap, pembahasan RAPBN 2016 bisa selesai hari ini sehingga bisa disahkan di rapat paripurna.

"Mudah-mudahan hari ini bisa selesai sehingga bisa diambil kesimpulan dan bisa diketok di paripurna," kata Agus. (Nil/Sun)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini