Sukses

Hujan Badai Disertai Kerikil Es Guyur Queensland Australia

4 Rumah dilaporkan hancur, sementara 60 lainnya rusak parah. Namun sejauh ini dilaporkan tak ada korban jiwa.

Liputan6.com, Queensland - Hujan badai berkategori 'sangat berbahaya' menghampiri wilayah Lake Boondooma, Queensland Australia, pada Rabu (28/10/2015) pukul 18.15 waktu setempat. Angin kencang, hujan deras disertai kerikil es berlangsung selama kurang lebih 20 menit.

Di pinggiran Chinchila, kota Darling Downs, Queensland, paling banyak dihujani kerikil es. Lebih dari 60 panggilan gawat darurat ditujukan kepada Pemadam Kebakaran Queensland yang kebanyakan meminta bantuan akibat banjir, atap rumah hancur hingga pohon tumbang.

Juga dilaporkan terbentuk 'sungai es' setinggi mata kaki mengaliri kota.

Dean Narramore dari Badan Meterologi Australia mengatakan angin berbentuk tornado dilaporkan terlihat di beberapa kota.

"Akan ada tornado, terutama Darling Downs, namun kemungkinan tidak terlalu merusak," kata Narramore seperti dikutip dari News.com.au, Rabu (28/10/2015).

Beberapa rumah dilaporkan rusak berat. Sementara itu, dua orang mengalami luka-luka. Di beberapa daerah pinggiran di berbagai kota di Queensland mengalami pemadaman listrik.

Hujan Badai Kerikil Es Gempur Queensland (Derrek Barry Facebook/News.com.au)

"Ada empat rumah yang benar-benar hancur. Sementara 60 lainnya rusak parah," kata Direktur Layanan Gawat Darurat Jo-Ann Miller. Ia menambahkan warga tak perlu khawatir atas rumahnya, karena perusahan asuransi akan memberi solusi tempat tinggal sementara.

Badan Meteorologi Australia mengingatkan hujan badai diperkirakan akan berlangsung selama beberapa jam ke depan.

Beberapa netizen sempat memotret kerikil es yang berjatuhan. Juga rekaman video, betapa mengerikan badai itu berlangsung. Berikut ini rekamannya:

(Rie/Tnt)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.