Sukses

Maju di Pilgub Sulut, Ketua Fraksi PDIP Mundur dari DPR

Setelah 11 tahun duduk sebagai anggota DPR, Olly yang saat ini duduk sebagai Ketua Fraksi PDIP di DPR memutuskan resmi mundur dari DPR.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Fraksi PDI Perjuangan di DPR Olly Dondokambey resmi mengundurkan diri sebagai anggota DPR sekaligus ketua fraksi. Mundurnya Bendahara Umum PDI Perjuangan ini karena dia harus mengikuti Pilkada serentak untuk pemilihan Gubernur Suluwesi Utara.

Hal ini, menurut Olly, sejalan dengan surat presiden yang diterimanya terkait pengunduran diri sebagai anggota DPR untuk mengikuti gelaran Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 9 Desember 2015.

Olly yang diusung PDIP menjadi calon Gubernur Sulawesi Utara pada Pilkada serentak nanti mengatakan masyarakat Sulawesi Utara menginginkan dirinya memimpin daerah tersebut.

"Memang saya tadinya terjun di politik (sebagai anggota dewan) sudah 11 tahun, dan saya kembali ke daerah karena memang banyak sekali masyarakat di daerah meminta saya untuk memimpin Sulawesi Utara," kata Olly di Pulau Dua, Senayan, Jakarta, Rabu (28/10/2015).

Menurut Olly, masyarakat Sulut meminta dirinya kembali ke daerah tersebut. Salah satunya lantaran dinilai sudah cukup lama menjabat sebagai anggota dewan sehingga ia memutuskan untuk mengabdi dan memajukan Sulawesi Utara sebagai calon gubernur.

"Karena mereka menganggap perjuangan saya selama di DPR sudah cukup, dan sekarang mereka minta turun memimpin Sulut. Alasan itu yang membuat saya harus melepaskan jabatan-jabatan saya di sebagai dewan, termasuk sebagai ketua fraksi," ujar Olly.

Untuk pergantian posisi dirinya sebagai ketua fraksi dan anggota DPR, Olly‎ menuturkan, hal tersebut masih dibahas di Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDIP.

"Soal pergantian antar waktu (PAW) Itu masih di DPP pembahasannya," tandas Olly.

Dia juga berharap, rekan-rekannya di Fraksi PDI Perjuangan dapat melanjutkan tugas-tugas penting parlemen dalam mengawal berbagai kebijakan pemerintahan Presiden Joko Widodo terkait Trisakti dan Nawacita.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada Ketua Umum PDIP, Ibu Megawati yang telah memberi kepercayaan besar memimpin Fraksi PDI Perjuangan di DPR RI. Demi kecintaan terhadap daerah, saya memilih kembali ke Sulut mencalonkan diri sebagai gubernur," kata Olly.

Tidak lupa, Dia juga menyampaikan terima kasih kepada para sahabat lintas fraksi, pemimpin komisi, serta semua alat kelengkapan dewan yang sudah bekerja sama dengan baik selama ini.

"Kiranya tali silaturahmi kita sebagai anak bangsa akan terus terjalin baik dalam mengawal dan menjalankan tugas demi tegaknya NKRI, Pancasila, UUD 45 dan Bhineka Tunggal Ika," pungkas Olly. (Dms/Yus)*

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini