Sukses

Lahan Perusahaan Sumbang Asap Terbesar

Berdasarkan pantauan satelit, titik kebakaran lahan di Kabupaten Bengkalis, Pelalawan, Rokan Hilir, Rokan Hulu, dan Kampar berada di lahan milik perusahaan perkebunan.

Liputan6.com, Pekanbaru: Kabut asap yang melanda Provinsi Riau terus berlanjut, hingga saat ini Ahad (28/6). Titik api penyumbang asap saat ini berada di Kabupaten Bengkalis, Pelalawan, Rokan Hilir, Rokan Hulu, dan Kampar. Berdasarkan pantauan satelit, sekitar 40 dari 70 titik api berada di lahan milik perusahaan perkebunan.

Lahan yang terbakar sebagian besar berawal dari kesengajaan warga atau perusahaan untuk keperluan pembersihan lahan. Langkah ini dilakukan sebelum memasuki fase tanam kelapa sawit atau proses tanam hutan tanaman industri. Dalam bencana kabut asap kali ini belum satu pun pihak yang diproses secara hukum.

Menebalnya kabut asap akibat kebakaran lahan tidak hanya mengancam kesehatan warga. Jadwal penerbangan juga berkali-kali tertunda. Tak hanya menganggu masyarakat Riau saja yang terganggu, warga negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura juga terganggu akibat kiriman asap dari Riau.(YNI/AND)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini