Sukses

Asap Selimuti Pekanbaru

Kabut asap akibat kebakaran lahan gambut di Riau hingga kini masih menyelimuti Kota Pekanbaru, Riau. Jika kondisi ini dibiarkan, Riau akan kembali mengekspor asap ke negara tetangga seperti Singapura dan Malaysia.

Liputan6.com, Pekanbaru: Angin yang bertiup dari barat daya Kota Pekanbaru, Riau, membuat kabut asap yang dihasilkan dari kebakaran lahan gambut di Bengkalis, Siak, dan Pelalawan terbawa ke wilayah kota. Bahkan, hingga Ahad (28/6) siang, kabut asap masih menyelimuti Pekanbaru.

Jika kebakaran lahan di ketiga kabupaten tersebut tidak dapat diatasi, kabut asap akan memasuki negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura. Kabut asap mengakibatkan jarak pandang di Kota Pekanbaru semakin terbatas. Kendaraan yang melintas harus menyalakan lampu untuk menghindari kecelakaan. Meskipun jarak pandang berkurang, jadwal penerbangan dan arus transportasi sungai masih berlangsung normal.

Selain terbatasnya jarang pandang, kualitas udara sudah masuk kategori tidak sehat. Warga semakin khawatir dengan kondisi kesehatan karena mengalami sesak napas dan mata perih.(YNI/AND)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini