Sukses

BNPB Beri Jokowi Meja Khusus Kendalikan Upaya Pemadaman Hutan

Saat memimpin langsung penanggulangan kebakaran hutan, Jokowi akan berkantor di Graha BNPB.

Liputan6.com, Jakarta- Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyediakan meja khusus untuk Presiden Joko Widodo di kantornya. Meja itu akan digunakan Jokowi untuk mengendalikan langsung upaya pemadaman kebakaran hutan dan bencana asap.

Saat memimpin langsung penanggulangan kebakaran hutan, Jokowi akan berkantor di Graha BNPB. Sebab di sana akan dijadikan posko nasional penanganan asap.

"Kalau BNPB jadi posko nasional, maka ini meja yang akan digunakan Presiden. Pak Presiden mengendalikan dari sini," kata Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho, di Jakarta, Rabu (28/10/2015).

Di meja tersebut terdapat sebuah komputer, 1 layar monitor, dan 1 alat komunikasi. Layar yang berada di samping komputer memiliki fungsi untuk mengatur 3 komputer utama di hadapan Jokowi.‎ BNPB memiliki sistem InAware yaitu sebuah sistem untuk mendeteksi terjadinya bencana.

Sebelum digunakan Jokowi, meja tersebut telah ditempati oleh Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan Luhut Binsar Pandjaitan saat mengendalikan upaya pemadaman kebakaran hutan.

‎Sutopo kemudian menyampaikan bencana asap yang paling parah berada di Ogan Komering Ilir yang terbakar sejak 25 Agustus 2015.

"Ini kawasan HTI Tanaman Akasia, jadi dia merambat terus apinya, susah dipadamkan, dan cuma bisa dilakukan untuk menghambatnya," kata Sutopo. (Nil/Mut)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini