Sukses

Ahok: Saya Ingin Ada Mobil F1 dengan Tulisan 'Enjoy Jakarta'

Baru Pertamina yang bersedia memberikan 5 juta euro kepada Rio sebagai sponsor dukungan agar bisa masuk ke tim F1 di musim depan.

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok sangat ingin berpartisipasi mensponsori pembalap Indonesia Rio Haryanto untuk ikut dalam lomba balap mobil Formula 1 (F1). Dengan begitu, nama Jakarta bisa lebih dikenal dunia.

"Saya pengen ada satu mobil F1 dengan tulisan 'Enjoy Jakarta'. Tapi kita mesti tahu cara masuknya seperti apa," kata Ahok usai bertemu Rio Haryanto di Balaikota Jakarta, Selasa (27/10/2015).

Dari 15 juta euro dana yang dibutuhkan, baru Pertamina yang bersedia memberikan 5 juta euro kepada Rio sebagai sponsor dukungan agar bisa masuk ke tim F1 di musim depan.

"Kurang 10 juta euro sekarang, kalau kamu sumbang 1 juta euro kira-kira Rp 16 miliar, kalau DKI sumbang 1 juta euro, Rp 16 miliar saya kira oke. Cuma musti cari tahu bagaimana caranya," jelas Ahok.

Kendala lainnya, proses pemberian sponsor tidak bisa menggunakan cara lelang. Sebab, semua dana masuk langsung ke tim yang akan merekrut Rio, yakni Manor Marrusia F1 Team. Belum lagi, seluruh dana harus terkumpul November 2015.

"Kalau pakai dana saya, enggak sanggup saya. Urunan juga gimana gede uangnya. Makanya kalau memang susah, terpaksa kita cari swasta," tutup Ahok.

Mimpi Bertarung di F1

Berlaga di ajang GP2 Series memang tidak membuat Rio Haryanto berpuas diri. Kini pebalap asal Solo, Jawa Tengah itu memiliki mimpi bisa bertarung di ajang F1. Rio menargetkan dirinya sudah bisa masuk F1 paling cepat pada tahun depan.

"Targetnya secepatnya. Ini tahun ketiga saya di GP2, mungkin tahun depan atau mungkin tahun depannya lagi," kata Rio di Hotel Crowne Plaza, Milan, Italia, Jumat 5 September lalu.

Baca Juga

  • Demi Rio Haryanto ke F1, Ahok Bantu Carikan Sponsor
  • Ahok: "Enjoy Jakarta" Bisa Sponsori Rio Haryanto

Namun, anak bungsu dari pasangan Sinyo Haryanto dan Indah ini mengaku masalah dukungan dana masih mengganjal kariernya di ajang balap mobil paling bergengsi di dunia tersebut.

Peluang Rio masuk F1 sebenarnya sudah mulai terbuka. Ada beberapa tim F1 yang telah melirik Rio. "Masih hanya meeting aja, belum berani menentukan siapa tapi ada beberapa opsi," terang dia. (Ado/Ron)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.