Sukses

LIPI: Asap Jadi Tantangan Terbesar Presiden Jokowi Saat Ini

Kebakaran hutan dan lahan kali ini paling fenomenal sepanjang sejarah negeri ini.

Liputan6.com, Jakarta - Bencana asap yang sekian lama melanda Sumatera dan Kalimantan terus menjadi perhatian, terlebih asap tipis sudah memasuki wilayah Ibukota DKI Jakarta.

Pengamat Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Siti Zuhro mengatakan, bencana asap yang terjadi beberapa bulan terakhir ini menjadi tantangan terbesar Presiden Joko Widodo. Sebab, kebakaran hutan dan lahan kali ini paling fenomenal sepanjang sejarah negeri ini.

"Kebakaran asap kali ini memang paling fenomenal sepanjang sejarah. Hal inilah menjadi tantangan Presiden Jokowi untuk uji kredibilitasnya," ujar Siti Zuhro di Jakarta, Selasa (27/10/2015).

Menurut dia, persoalan kebakaran ini bukan hal sepele karena masalah ini berjalan berminggu-minggu. Karena itu, Siti meminta pemerintah tidak mengesankan bahwa ada satu solusi cepat yang mampu menghentikan persoalan asap.

"Dalam beberapa waktu ke depan ada sejumlah agenda yang harus dilaksanakan lebih dari apa yang dilakukan pemerintah selama ini. Pemerintah juga wajib meyakinkan bahwa sejumlah daerah tertentu tidak akan berdampak," pungkas Siti. (Dms/Sun)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini