Sukses

Cegah Kebakaran pada 2016, JK Perintahkan Pemulihan Lahan Gambut

Setidaknya, restorasi dapat mengembalikan lingkungan gambut menjadi lebih baik dan dapat mencegah kebakaran hutan berulang pada tahun depan.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden Jusuf Kalla memerintahkan Menko Polhukam Luhut Binsar Pandjaitan segera memimpin pemulihan lahan gambut yang terbakar maupun berpotensi terbakar. Proses pemulihan lahan sangat diperlukan untuk mencegah terjadi kembali kebakaran hutan dalam jangka panjang.

"Penanganan ke depan yaitu restorasi (pemulihan) dari lahan gambut ini. Bapak wapres menekankan betul, masalah restorasi ini menjadi sangat urgent. Kami segera menindaklanjuti perintah bapak wapres tadi," ujar Luhut usai melakukan rapat terbatas bersama Wapres Jusuf Kalla di Kantor Presiden, Jalan Veteran II, Jakarta, Senin (26/10/2015).

Namun, lanjut dia, proses restorasi lahan gambut tidak akan bisa menghentikan kebakaran hutan secara total. Setidaknya, restorasi dapat mengembalikan lingkungan gambut menjadi lebih baik dan dapat mencegah kebakaran hutan saat memasuki musim kemarau.
‎

"Restorasi ini mungkin akan berjalan sampai beberapa tahun ke depan, mungkin 3 sampai 5 tahun, karena ini kan tidak mudah. Ini kan sudah beberapa kejadian ini," ucap Luhut.‎

Dia pun berharap, saat proses restorasi dilakukan, hujan dapat segera turun dan membasahi lahan gambut agar kebakaran tidak semakin meluas.

"Melihat sifat gambut ini tidak mudah, karena sekarang gambut yang kita tahu sudah sampai ke bawah membuat api. Itu disebabkan El Nino tadi, yang harusnya sudah hujan sekarang, ternyata El Nino ini lebih parah dari tahun 1997," jelas Luhut. (Bob/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.