Sukses

Dianggap Langgar Batas, Kapal Korut Ditembak Korea Selatan

Insiden ini terjadi ketika kedua negara melakukan reuni kedua anggota keluarga yang terpisah karena Perang Korea.

Liputan6.com, Seoul - Angkatan Laut Korea Selatan melancarkan serangan tembakan ke arah kapal Korea Utara yang memasuki wilayahnya.

Laporan kantor berita Yonhap menyatakan, 5 tembakan dilepas pada pukul 15.30 atau 06.30 GMT Sabtu 24 Oktober 2015 ketika kapal patroli melintasi batas maritim de facto.

Seperti dikutip BBC, Senin (26/10/2015), pemerintah Korea Utara mempertanyakan batas maritim di Laut Kuning itu dan sebelumnya juga sudah pernah melewati wilayah tersebut. Pyongyang pun menyatakan penembakan itu sebagai 'provokasi serius'.

Kantor berita resmi Korea Utara, KCNA melaporkan kapal tersebut melakukan operasi rutin.

Pada Februari, Korea Selatan menyatakan sebuah kapal patroli Pyongyang melanggar batas tersebut beberapa kali. Kapal kedua negara tersebut juga sempat saling menembak di dekat Pulau Yeonpyeong pada Oktober lalu.

Lee Ok-yeon, warga Korsel, bertemu suaminya Chae Hoon - shik, warga Korut, dalam Reuni Keluarga Terpisah di Korut, Selasa (20/10). Ratusan orang memulai acara reuni sejak pecah perang antara kedua negara itu lebih dari 60 tahun lalu. (Reuters/Korea Pool)

Insiden terbaru ini terjadi ketika kedua negara melakukan reuni kedua anggota keluarga yang terpisah karena Perang Korea pada tahun 1950-1953. Mereka kembali bertemu setelah terpisah selama 60 tahun. Perjumpaan yang terjadi pada pekan ini merupakan yang kedua dalam 5 tahun terakhir. (Mvi/Ali)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini