Sukses

Amankan Jakarta Marathon, 4.059 Personel TNI-Polri Dikerahkan

Selain itu, sambung Martuani, pihaknya juga akan dibantu Pemprov DKI dalam pengamanan.

Liputan6.com, Jakarta - Polda Metro Jaya menurunkan 4.059 personel untuk pengamanan Jakarta Marathon pada Minggu (25/10/2015) pagi ini. Kepala Biro Operasional Polda Metro Jaya, Kombes Martuani Sormin mengatakan ribuan personel tersebut akan ditempat di sejumlah titik di rute yang digunakan pelari.

"Jumlah pengamanan total ada 4.059 personel, ini gabungan dari Polri, Pemprov DKI, dan TNI," kata Martuani dalam pesan tertulisnya di Jakarta.

Selain itu, sambung Martuani, pihaknya juga akan dibantu Pemprov DKI dalam pengamanan. Tercatat sebanyak 1.575 personel gabungan dari Satpol PP dan Dinas Kesehatan turut serta melakukan pengamanan.

"Dan kami juga dibantu 130 personel TNI. Nantinya disebar di sepanjang rute Mandiri Jakarta Marathon. Kemudian di tiap beberapa meter akan stand by mobil ambulans, antisipasi peserta yang kelelahan atau butuh pertolongan. Termasuk di simpang-simpang jalan akan dijaga personel lalulintas agar steril dari kendaraan," ujar dia.

Sebelumnya, Kasubdit Pendidikan dan Rekayasa (Dikyasa) Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Ipung Purnomo menjelaskan, para pelari Mandiri Jakarta Marathon akan melalui rute yang dimulai dari Monas-Harmoni-Mangga Besar lalu putar balik ke arah Harmoni-Monas-Bundaran Hotel Indonesia (HI)-Jalan Imam Bonjol-Jalan HOS. Cokroaminoto-Jalan HR Rasuna Said

Kemudian menuju Jalan Jenderal Gatot Subroto-Semanggi-Jalan Gerbang Pemuda-Jalan Asia Afrika lalu putar balik Jalan Gerbang Pemuda menaiki flyover Senayan-Semanggi-Jalan Jenderal Gatot Subroto-Jalan Rasuna Said-Jalan HOS Cokroaminoto-Jalan Imam Bonjol-Bundaran HI dan berakhir di garis finis Monas.

"Ada beberapa jalan yang nanti diantisipasi untuk pengalihan arus, diharapkan masyarakat menghindari jalan-jalan ini selama perlombaan Jakarta Marathon berlangsung. Yaitu sepanjang Jalan Jenderal Sudirman, Thamrin akan ditutup sampai Stasiun Kota, ruas jalan bolak balik, Harmoni, Gajah Mada kemudian dari HI nanti pelari belok kiri, sampai Rasuna Said," jelas Ipung, Sabtu 25 Oktber kemarin. (Ron/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.