Sukses

Kunjungi Istana, Megawati Cerita Masa Kecilnya Suka Panjat Pohon

Mega bercerita bahwa Istana Merdeka zaman Bung Karno penuh dengan suasana kekeluargaan.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden RI ke-5 yang juga Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri menemui Presiden Jokowi di Istana Merdeka, Sabtu, 24 Oktober 2015 siang. Momen kunjungan ini membuat kenangan putri sulung Bung Karno akan kehidupanya semasa kecil bersama sang ayah kembali muncul. ‎

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, yang turut mendampingi Megawati menemui Presiden Jokowi membeberkan apa yang dikatakan Mega saat itu. ‎Dalam perbincangannya, Mega bercerita bahwa Istana Merdeka zaman Bung Karno penuh dengan suasana kekeluargaan.

"Dalam kunjungannya ke Istana Negara atas undangan Presiden Jokowi, Ibu Megawati Soekarnoputri banyak menceritakan tentang masa kecilnya tinggal di Istana," kata Hasto.

Hasto mengatakan, salah satu pengalaman masa kecil Mega yang diceritakan kepada Jokowi yaitu kenangan dirinya yang suka bermain-main di taman sekitar Istana Negara. ‎
‎
"Pohon Buni yang sekarang sangat besar itu tempat saya suka memanjat. Jadi diam-diam saya ini ahli memanjat pohon saat kecil", ujar Megawati sambil tersenyum, seperti disampaikan Hasto.

Megawati pun, kata Hasto, menyampaikan bahwa tinggal di Istana Presiden harus disertai niatan bersih untuk benar-benar mengabdi pada bangsa dan negara. Istana pun sudah seperti rumah besar yang penuh dengan suasana kekeluargaan. Ia sempat mengingat pesan sang Ayah agar tetap menghormati dan bersikap sopan kepada seluruh pegawai Istana. ‎

"Beliau (Mega) bercerita saat itu banyak pegawai Istana yang tinggal di samping Istana Negara. Ibu Mega diajarkan Bung Karno untuk memperlakukan seluruh staf kepresidenan dengan hormat. ‎Bahkan secara khusus Bung Karno menjadikan gasebo di belakang Istana Merdeka sebagai sekolah taman kanak-kanak," ucap Hasto.

Masih berdasarkan cerita Megawati, lanjut Hasto, ketika pertama kali sekolah di TK, Megawati kaget, karena ternyata praktis hanya dirinya yang memakai sepatu. Mega pun merasa risih dan ogah mengenakan sepatu agar terlihat sama dengan murid-murid lain. ‎

"Melihat kondisi itu saya tidak mau lagi pakai sepatu, karena anak-anak yang lain tidak pakai sepatu. Melihat hal itu, maka Bung Karno kemudian membelikan semua anak-anak TK di Istana Presiden tersebut persis sama dengan sepatu yang saya pakai," beber Megawati seperti yang diungkap Hasto. ‎

Disitulah oleh Bung Karno Megawati diajarkan pentingnya solidaritas dengan sesama.

"Saya juga diajarkan bagaimana keadilan sosial dalam praktik sehari-hari", ujar Megawati sambil menceritakan suasana istana yang penuh kekeluargaa saat itu.‎ (Ali/Vra)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Dr.(H.C.) Hj. Dyah Permata Megawati Setyawati Soekarnoputri adalah Presiden Indonesia ke 5 periode  23 Juli 2001 — 20 Oktober 2004.
    Dr.(H.C.) Hj. Dyah Permata Megawati Setyawati Soekarnoputri adalah Presiden Indonesia ke 5 periode 23 Juli 2001 — 20 Oktober 2004.

    Megawati Soekarnoputri

  • istana

Video Terkini