Sukses

Danau Gunung Tujuh Diusulkan Masuk New9Wonderful of Indonesia

Danau Gunung Tujuh merupakan danau kaldera tertinggi di Asia Tenggara dan terletak di atas Gunung Kerinci, Jambi.

Liputan6.com, Jakarta - Pemprov Jambi melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) setempat mengusulkan Danau Gunung Tujuh di Kabupaten Kerinci masuk menjadi New9Wonderfull of Indonesia yang digelar lembaga World of Wonderful (WoW).

"Danau Gunung Tujuh sudah terbukti menjadi favorit wisatawan Nusantara dan mancanegara. Kami sangat yakin danau ini bisa menjadi New9Wonderfull of Indonesia," ujar Kepala Bidang Destinasi Wisata Disbudpar Provinsi Jambi, Guntur di Jambi, Sabtu (24/10/2015).

Menurut dia, Danau Gunung Tujuh akan bersaing dengan sejumlah danau terindah di Indonesia. Untuk itu, Disbudpar Jambi tengah berusaha mempromosikan agar danau tersebut diakui sebagai destinasi terindah di Indonesia.

"Dan upaya ini harus ada kerja sama dan dukungan penuh dari semua, baik pemerintah, masyarakat serta komunitas-komunitas di bidang kepariwisataan," kata Guntur.

Ia menjelaskan, Danau Gunung Tujuh merupakan danau kaldera tertinggi di Asia Tenggara. Terletak di atas Gunung Kerinci, danau ini berada pada ketinggian 1.950 meter di atas permukaan laut. Rata-rata wisatawan asing yang berkunjung ke danau yang juga masuk kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) ini mencapai 1.000 orang per tahun.

Guntur menambahkan, proses pemilihan atau drawing akan dilakukan secara independen dan akan diumumkan pada akhir Oktober 2016.

Dalam proses pemilihan sebagi danau terindah di Indonesia, Danau Gunung Tujuh bersaing dengan danau indah lainnya seperti Danau Toba, Danau Singkarak, Danau Sentarung, Danau Sentani dan Danau Kalimutu untuk ditetapkan sebagai New9Wonderfull of Indonesia. (Ado/Rmn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini