Sukses

Warga Jambi Jalan 5 Kilometer Demi Dapatkan Air

Warga setempat sangat bergantung pada air sumur. Namun karena kekeringan panjang, satu bulan terakhir sumur warga mengering.

Liputan6.com, Jakarta - Warga Jambi tidak hanya dikepung kabut asap, mereka juga dilanda kekeringan. Demi mendapatkan air, setiap hari warga harus berjalan 5 kilometer.

Ini terjadi di sejumlah desa yang berada di Kecamatan Limbur Lubuk Mengkuang, Kabupaten Bungo, Provinsi Jambi selama 1 bulan terakhir.

Warga setempat sangat bergantung pada air sumur. Namun karena kekeringan panjang, 1 bulan terakhir sumur warga mengering.

"Sekarang hampir seluruh warga desa kami bergantung pada air Sungai Batang Tebo karena sumur kami sudah kering. Setiap hari kami berjalan kurang lebih 5 kilometer untuk mandi, mencuci dan mengambil air," ujar Wawan (37) salah seorang warga Dusun Sekar Mengkuang, Kecamatan Limbur Lubuk di Jambi, Sabtu (24/10/2015).

Melihat kondisi itu, Wawan berharap, ada bantuan air bersih dari pemerintah untuk warga yang mengalami kesulitan air. Ia mengaku, meski sudah 1 bulan mengalami kesulitan air, belum ada bantuan air bersih turun ke desanya.

Camat Limbur Lubuk Mengkuang, Zainadi mengatakan, kesulitan air bersih terjadi di beberapa desa di kecamatannya. Di antaranya ada di Dusun Sekar Mengkuang, Dusun Tebo Jaya, Dusun Tuo Limbur, dan Dusun Limbur Baru.

Menurut dia, pihaknya selaku pemangku jabatan di kecamatan sudah melaporkan kesulitan air bersih yang dialami sebagian warganya.

"Kita berharap ada solusi atau bantuan untuk mengatasi persoalan ini. Karena hampir setiap hari warga harus menempuh jarak 5 kilometer guna mendapatkan air bersih," tandas Zainadi. (Dms/Mvi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini