Sukses

Jarah Hasil Laut, Kapal Cina Ditangkap

Puluhan nelayan dari delapan kapal berbendera Cina ditangkap saat menjarah hasil laut di perairan Pulau Natuna. Negara rugi puluhan miliar lebih.

Liputan6.com, Pontianak: Satuan kapal patroli Dinas Kelautan dan Perikanan Pontianak, Kalimantan Barat, menangkap delapan kapal jenis pukat berbendera Cina saat menjarah hasil laut di perairan Pulau Natuna, belum lama ini. Namun 22 kapal Cina lainnya berhasil lolos. Menurut petugas kepada SCTV, Rabu (24/6), perairan Pulau Natuna sering dijadikan lokasi penjarahan hasil laut oleh kapal-kapal asing.

Rata-rata kapal berbendera Cina ini berukuran relatif besar dengan bobot sekitar 300 ton dan sanggup melaju dalam kecepatan tinggi. Petugas juga mengamankan sekitar 150 ton ikan segar di tempat penyimpanan ikan di kapal-kapal tersebut. Akibat penjarahan laut ini, negara dirugikan sekitar Rp 24 miliar. Karena itu petugas bertekad untuk menyelesaikan masalah ini secara hukum meski Kedutaan Besar Republik Rakyat Cina di Jakarta, telah melayangkan surat protes. Sementara ini para awak kapal ini ditahan di penampungan Dinas Kelautan dan Perikanan Pontianak.(TES/ANS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini