Sukses

Ahok: Semoga Ada Presiden Indonesia Lahir dari...

Mantan Bupati Belitung Timur itu memang sengaja mendesain taman ini menjadi taman terpadu.

Liputan6.com, Jakarta - Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) kini menjadi andalan Pemprov DKI Jakarta untuk mencegah maraknya kasus kekerasan terhadap anak. Taman ini dibangun memang tidak hanya untuk lokasi bermain, tapi tempat membina anak dan keluarga.

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok bahkan memiliki harapan lebih dari itu. Dia ingin ada Presiden RI yang lahir dari pembinaan di RPTRA semasa kecilnya.

"Saya ingin ada Presiden Indonesia yang lahir dari RPTRA," ujar Ahok saat membuka RPTRA Cililitan, Jakarta Timur, Kamis (22/10/2015).

Mantan Bupati Belitung Timur itu sengaja mendesain taman ini menjadi taman terpadu. Dalam satu taman, ada klinik, PAUD, taman bermain, ruang serbaguna, tempat olahraga, hingga mini market.

"Indeks kesenangan orang itu bukan dinilai dari seberapa sering dia ke taman, tapi seberapa lama dia ada di taman. Nah, ini juga bisa digunakan untuk tempat saling berbagi karena setiap keluarga punya masalah yang berbeda," kata Ahok.

Tugas pengawasan tidak hanya dilakukan oleh petugas berwenang seperti ketua RT, RW, dan lurah. Tapi juga seluruh masyarakat yang berada di sekitar taman untuk peduli terhadap sesama.

"Ada anak biasa main, tapi sudah beberapa hari tidak kelihatan jangan-jangan jadi korban KDRT (Kekerasan Dalam Rumah Tangga). Atau ada kakek-kakek biasanya di sini tapi tidak kelihatan, jangan-jangan habis digebukin istrinya. Nah, hal-hal seperti ini juga kita harus lebih peduli," contoh Ahok.

Selain Ahok, beberapa pejabat juga jadir dalam peresmian ini, seperti Ketua Tim Penggerak PKK DKI Jakarta Veronica Tan, Wakil Gubernur DKI Djarot Saiful Hidayat, Wali Kota Jakarta Timur Bambang Musyawardhana, Kapolres Metro Jakarta Timur Kombes Pol Umar Faroq, dan artis kawakan Titiek Puspa.

RPTRA Cililitan dibangun di lahan seluas 3.600 meter persegi. ‎Taman ini memiliki lapangan futsal, jogging track, ampitheater, perpustakaan, kolam ikan, ruang konseling keluarga, ruang laktasi, taman bermain, dan sebagainya. RPTRA ini dibangun di atas lahan bekas area parkir mobil dan tempat bermain anak. RPTRA Cililitan merupakan taman keenam yang diresmikan. (Rmn/Yus)*

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.