Sukses

Menlu RI-Denmark Bahas 4 Isu Penting Ini

Rangkaian kunjungan Ratu Denmark Margrethe II di Tanah Air resmi dimulai hari ini.

Liputan6.com, Jakarta - Rangkaian kunjungan Ratu Denmark Margrethe II di Tanah Air resmi dimulai hari ini. Di sela-sela lawatan tersebut, Menteri Luar Negeri Denmark Kristian Jensen melakukan pertemuan bilateral dengan Menlu RI Retno Marsudi.

Jensen yang didampingi Duta Besar Denmark untuk Indonesia, Casper Klynge tiba di Gedung Pancasila kompleks Kementerian Luar Negeri pada pukul 09.30 WIB. Pertemuan antar-kedua Menlu berlangsung kurang lebih setengah jam.

Menurut Retno, ada 4 isu yang dibahasnya bersama Jensen. Hal-hal tersebut merupakan area penting kerja sama Indonesia-Denmark.

"Kami fokus pada 4 isu, interfaith dialogue, kedua bagaimana kami memperkuat kerja sama di bidang maritim, mulai dari konektivitas, pelabuhan, infrastruktur, hingga pengembangan budidaya perikanan," ucap Menlu Retno di Gedung Pancasila, Jakarta, Kamis (22/10/2015).

"Yang ketiga adalah energi, terutama energi yang dapat diperbarui. Yang terakhir adalah kerja sama di bidang edukasi," sambung Retno.

Dia memaparkan, untuk kerja sama di bidang pendidikan, RI-Denmark sudah membina hubungan yang begitu baik. Ini terlihat pada cukup banyaknya jumlah universitas di Denmark yang menjalin kerja sama dengan perguruan tinggi di Indonesia.

"Kerja sama edukasi kami ingin yang lebih tinggi karena selama ini sudah sangat baik," jelas mantan Dubes RI di Norwegia tersebut.

"Kerja sama kami dengan 14 universitas di Denmark, jadi kami ingin melanjutkan kerja sama di bidang pendidikan," pungkas Retno. (Ndy/Bob)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.