Sukses

Vatikan Tangkis Rumor Paus Fransiskus Idap Tumor Otak

Rumor itu disebarkan oleh sebuah surat kabar Italia dan menurut Vatikan adalah sebuah berita yang tak berdasar dan tak bertanggung jawab.

Liputan6.com, Vatikan - Vatikan menampik tuduhan media-media Italia yang melaporkan bahwa Paus Fransiskus mengidap tumor otak.

"Berita tak berdasar atas kondisi kesehatan Paus Fransiskus adalah sebuah tindakan tak bertanggung jawab dan pencari perhatian yang sia-sia," tulis juru bicara Vatikan Pastor Federico Lombardi dalam pernyataannya, seperti dikutip dari Channel News Asia, Rabu (21/10/2015).

"Paus juga melakukan aktivitas seperti biasa bahkan melebihi dari hari-hari biasanya" tambahnya lagi.

Berita Paus mengidap tumor otak jinak pertama kali dilaporkan oleh surat kabar Quotidiano Nazionale, surat kabar nasional yang berkantor di Italia tengah.

Harian itu melaporkan dalam berita utamanya pada Rabu (21/10/2015) bahwa Paus Fransiskus, yang kini berusia 78 tahun, diam-diam diterbangkan dengan helikopter ke sebuah kota kecil di Tuscani beberapa waktu lalu untuk mendapat perawatan dari dokter asal Jepang.

Surat kabar itu juga melaporkan bahwa Paus yang berasal dari Argentina ini didiagnosis memiliki kanker jinak di otak, namun masih dapat disembuhkan.

Setelah berita itu tersebar, pemimpin tertinggi umat Katolik itu tetap melakukan pekerjaan hariannya, seperti pertemuan mingguan sebelum memimpin misa di Gereja Santo Petrus yang dihadiri ribuan jemaat. Fransiskus juga mempunyai jadwal tetap untuk bertemu dengan para uskup dari seluruh dunia.

Dalam beberapa kunjungan Paus beberapa bulan terakhir, Paus terlihat dalam keadaan sehat meskipun dikabarkan sempat menderita sakit di bagian kaki akibat nyeri pinggul yang ia derita.

Akibat penyakit ini, Paus menjalani terapi fisik secara teratur di Vatikan. (Rie/Ein)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.