Sukses

15 Pelaku Ritual Terjebak di Gunung Lawu

Tim gabungan yang terdiri dari Tim SAR, BPBD dan Tim Relawan terus menyisir Gunung Lawu.

Liputan6.com, Surabaya - Kepala Badan Penanggulangan Bencana daerah (BPBD) Jawa Timur (Jatim) Sudharmawan mengatakan, setidaknya ada 15 pendaki yang terjebak di puncak Gunung Lawu, Cemoro Sewu, Plaosan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur. Posisi para pendaki itu sudah ditemukan.

"Bersamaan dengan 1 Syuro, ada 15 orang melakukan ritual di atas. Rencannya hari ini selesai menjalani ritual dan akan segera kami amankan ke posko," kata Sudharmawan kepada wartawan di Surabaya, Selasa (20/10/2015).

Dia menjelaskan Gunung Lawu yang berlokasi di perbatasan antara Jawa Timur dan Jawa Tengah itu sering menjadi lokasi ritual. Para pelaku ritual itu berasal dari berbagai daerah.

Sejauh ini tim gabungan dari Tim SAR, BPBD, Tim Relawan dan lainnya masih melakukan penyisiran. "Jumlah pendaki tidak bisa kami prediksi, yang jelas kami masih melakukan penyisiran," kata Dharmawan.

Kebakaran hutan di Lereng Gunung Lawu terjadi pada Minggu, 18 Oktober, di jalur pendakian antara pos 3 dan 4. Akibatnya, puluhan pendaki yang hendak turun terjebak kobaran api dengan ketinggian lima meter. (Hmb)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini