Sukses

JK: Reshuffle Kabinet Jilid II Tergantung Evaluasi Performance

Padahal Kepala Bappenas mengaku pernah mendengar Jokowi-JK akan rombak kabinet lagi

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden Jusuf Kalla menegaskan sampai saat ini pihaknya belum membicarakan soal perombakan kabinet jilid II. Padahal, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Sofyan Djalil, mengaku pernah mendengar akan ada reshuffle jilid II.

"Belum pernah dibicarakan sama sekali (reshuffle kabinet)," kata JK di kantor Wapres, Jakarta, Senin (19/10/2015).

Saat ditanya tentang perombakan kabinet, JK terlihat kaget mendengar hal itu. Namun, ia menjelaskan perombakan kabinet tergantung hasil evaluasi yang dilakukan setiap satu tahun.

"‎Tergantung evaluasi untuk performance kabinet ke depan tentu waktu dievaluasi setahun-setahun. Kok dia (Sofyan Djalil) dengar, saya tidak dengar, gimana ini," kata dia.

Jokowi-JK dikabarkan segera merombak Kabinet Kerja. Isu reshuffle ini sudah sering kali berembus.

Wacana reshuffle jilid II mencuat setelah PAN mendukung pemerintah. Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional Totok Daryanto mengatakan, partainya telah menyodorkan lima nama calon menteri kepada Presiden Joko Widodo. Ia memastikan kelima nama itu dapat membantu Jokowi-JK dalam menjalankan pemerintahannya.

Terkait hal itu, Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan Luhut Binsar Pandjaitan mengaku tidak mengetahui. Dia pun memasrahkan diri kepada Presiden Jokowi untuk hal ini. (Nil/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini