Sukses

Kabut Asap Pekat, Jarak Pandang Rengat Riau Cuma 50 Meter

Kebakaran hutan dan lahan di Provinsi Riau masih belum usai. Jarak pandang pun dilaporkan memburuk.

Liputan6.com, Jakarta - Kebakaran hutan dan lahan di Provinsi Riau masih belum usai. Jarak pandang juga dilaporkan memburuk. Di Pekanbaru, Riau, jarak pandang tercatat sekitar 100 meter.

Namun di belahan lain Riau, jarak pandang dilaporkan hanya 50 meter saja. Kondisi ini terjadi di Kecamatan Rengat.

"Selain Pekanbaru, kabut asap pekat juga menyelimuti Rengat, Kabupaten Indragiri Hulu, yang menyebabkan jarak pandang berkisar 50 meter," kata Kepala Badan Metereologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru, Riau, Sugarin pada Senin (19/10/2015).    

Sementara itu di Pelalawan, kabut asap menyebabkan jarak pandang hanya 100 meter, sedangkan di Dumai tercatat 400 meter.

Berdasarkan pencitraan Satelit Terra dan Aqua pada hari ini pukul 05.00 WIB, sebagian wilayah Sumatera masih terdapat titik panas yang mengindikasikan adanya kebakaran lahan dan hutan.

Sugarin menjelaskan, secara keseluruhan terdapat 153 titik panas yang terpantau di lima provinsi di Sumatera.

"Titik panas terbanyak masih berada di Sumatera Selatan dengan 141 titik. Selanjutnya di Jambi dan Lampung masing-masing empat titik," tutur dia.

Sementara di Bangka Belitung terdapat 3 titik panas, dan di Riau satu titik panas. "Satu titik panas di Riau dipastikan titik api yang berada di Indragiri Hulu," jelas Sugarin. (Ant/Ndy/Sun)*

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini