Sukses

Diduga karena Mendukung Migran, Calon Walikota Cologne Ditikam

Polisi sudah menangkap seorang warga Jerman berusia 44 tahun yang merupakan penduduk kota Cologne.

Liputan6.com, Cologne - Seorang calon terkemuka dalam pemilihan Walikota Cologne, Jerman, ditikam dalam sebuah serangan yang digambarkan para pejabat setempat sebagai bermotif politik.

Henriette Reker, seorang calon independen yang didukung Partai Kanselir Angela Merkel, Partai CDU terluka di lehernya dalam serangan yang terjadi Sabtu 17 Oktober 2015.

Seperti dilansir BBC, polisi setempat mengatakan Reker (58 tahun) dalam keadaan stabil, tetapi belum sepenuhnya sembuh.

Para pejabat mengatakan penyerang mungkin menjadikannya sasaran karena perannya dalam mengurusi para pengungsi di kota itu. Polisi sudah menangkap seorang warga Jerman berusia 44 tahun yang merupakan penduduk kota Cologne.

Pria itu mengatakan kepada para petugas bahwa ia menyerang Reker dengan motif anti-orang asing jelas petugas penyelidik kepolisian Norbert Wagner.

"Tersangka kelihatannya bertindak sendirian dan tidak memiliki catatan pidana sebelumnya," kata Wagner menambahkan.

Para petugas mengatakan pemilihan akan terus berlangsung sebagaimana telah direncanakan. Reker sudah menjadi Ketua Urusan Sosial dan Integrasi Cologne sejak 2010.

Kanselir Merkel sendiri sudah banyak dikecam orang di Jerman sejak ia mengizinkan sejumlah besar pengungsi dan migran masuk ke negara tersebut.

Jerman mengatakan mereka menduga akan ada 800 ribu orang meminta suaka tahun ini, tetapi sebuah laporan yang dibocorkan mengatakan jumlah itu bisa mencapai jumlah 1,5 juta orang. (Ado/Nda)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.