Sukses

Kabut Asap di Mimika Papua, Speedboat Kehilangan Arah

Kabut asap menganggu pelayaran yang akan keluar-masuk pelabuhan di Timika, Papua.

Liputan6.com, Jayapura - Speedboat berpenumpang 4 orang dari Agats, ibukota Kabupaten Asmat, dikabarkan kehilangan arah saat menuju Timika, Kabupaten Mimika, Papua pada Sabtu siang tadi. Ada dugaan perahu motor cepat tersebut kehilangan arah akibat kabut asap yang melanda wilayah Mimika.

Kepala SAR Mimika Joko Sungkowo menuturkan, pihaknya telah mencari kapal tersebut yang diduga mesinnya mati di daerah Bouy, wilayah yang telah mendekati Timika.

"Memang betul ada kapal berpenumpang yang kehilangan arah. Ada dugaan karena kabut asap dan mengakibatkan jarak pandang motoris terganggu. Saat ini ke-4 penumpang sudah dievakuasi di Timika," ucap Joko ketika dihubungi Liputan6.com di Timika, Sabtu (17/10/2015).

Sebelumnya, Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informasi Kabupaten Mimika, John Rettob menyebutkan kabut asap yang melanda Kabupaten Mimika, diduga dari wilayah selatan Papua. Yakni, Kabupaten Merauke dan Mappi.

Akibatnya, kabut asap ini menganggu pelayaran yang akan keluar-masuk pelabuhan di Timika. Sementara untuk kapal yang sudah telanjur berada di laut, akan dipandu oleh petugas saat akan sandar di pelabuhan.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika wilayah V Jayapura menyebutkan Papua dilanda 131 titik api yang tersebar di beberapa kabupaten. Kebanyakan titik api berada di Kabupaten Mimika sebanyak 90-an dan sisanya menyebar hingga ke wilayah pegunungan tengah Papua. BMKG menduga titik api berasal dari pembakaran lahan di daerah itu. (Ans/Ron)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.