Sukses

H-1, Polda Metro Gladi Bersih Pengamanan Final Piala Presiden

Polda Metro Jaya menyiagakan anggota secara masif di 13 distrik hukumnya.

Liputan6.com, Jakarta - Polda Metro Jaya mengadakan apel gladi bersih sistem pengamanan Piala Presiden 2015 yang dipimpin oleh Kapolda Metro Jaya Irjen Tito Karnavian di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Senayan, Jakarta.

Gladi bersih ini ditujukan untuk mematangkan manajemen pengamanan serta menegaskan tugas masing-masing satuan yang bersiaga pada Minggu 18 Oktober 2015.

"Hari ini kami akan plotting (titik-titik pengamanan). Intinya manajemen keamanan kami pastikan siap dan seluruh personel keamanan memahami tugas pokok masing-masing," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Mohammad Iqbal di Stadion Utama GBK, Senayan, Jakarta Pusat, Sabtu (17/10/2015).

Iqbal mengatakan, Polda Metro Jaya menyiagakan anggota secara masif di 13 distrik hukumnya. Mulai dari pengamanan di lokasi utama acara SUGBK, radius sekitar SUGBK. Lalu pengawalan suporter yang memasuki wilayah Jakarta dari kota lain, rekayasa lalu lintas, dan pengamanan pemain serta manajemennya.

"Semua unsur pengamanan dicek langsung Bapak Kapolda Metro Jaya," kata Iqbal.

Iqbal kembali mengingatkan para suporter dari luar kota mengenai imbauan Kapolda Metro Jaya Irjen Tito Karnavian, yaitu para suporter dari Bandung yang masuk wilayah Jakarta dalam rombongan besar, harus dikawal polisi.

Jika suporter pergi dalam kelompok kecil atau perorangan yang tidak mendapat pengawalan, mereka diminta tidak memakai atribut kesebelasan yang dikhawatirkan berpotensi menyulut bentrok.

"Sudah kami imbau berkali-kali, kami ingin (supporter yang dikawal) dalam jumlah besar. Sehingga teman-teman yang pergi sendiri-sendiri kami imbau agar tidak menggunakan atribut," tandas Iqbal.

Pengamanan laga final Piala Presiden antara Sriwijaya FC dan Persib pada Minggu 18 Oktober 2015 merupakan tanggung jawab dari 3 Polda, yakni Polda Metro Jaya, Polda Jawa Barat, dan Polda Banten.

Polda Metro Jaya akan mengerahkan sebanyak 9.127 personel dan akan difokuskan untuk melakukan pengamanan di sekitar GBK. (Ndy/Mvi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini