Sukses

104 Personel Asing Ikut Padamkan Kebakaran Hutan di Sumsel

Malaysia memberi bantuan pesawat Bombardier Pelican CL415 dan helikopter Dolphin yang bertugas memandu pengeboman air dari udara.

Liputan6.com, Jakarta - 6 Unit pesawat terbang dan helikopter water bombing bantuan dari negara-negara sahabat terus melakukan pemadaman kebakaran hutan di Sumatera Selatan.

Malaysia memberi bantuan pesawat Bombardier Pelican CL415 dan helikopter Dolphin yang bertugas memandu (spotting) pengeboman air dari udara. Pesawat ini sangat efektif karena mampu mengambil air di sungai, danau dan laut secara cepat.

Sekali terbang pesawat tersebut membawa 6.000 liter. Pada Kamis kemarin, pesawat ini mampu menjatuhkan air sebanyak 26 kali di daerah Cengal, Kabupaten OKI, Sumatera Selatan.

"Singapura mengirimkan 2 unit helicopter Chinook, dimana satu heli masih perbaikan karena mengalami rotor kerusakan," ujar Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Jumat (16/10/2015).

Sedangkan Australia mengirimkan 2 pesawat , yaitu Hercules Bomber 32 yang mampu mengangkut 15.000 liter air dan pesawat TC690 Birddog 376 yang berfungsi spooting pengeboman air.

Sutopo menyatakan, untuk mengoperasikan pesawat dan heli tersebut terdapat 104 personel asing terdiri dari 48 orang dari Singapura, 30 personel dari Malaysia, dan 26 personel dari Australia.

Sementara itu, Jepang akan memberikan bantuan bahan kimia fire extinguisher berbentuk foam agent sebanyak 3 ton. Pengiriman ke Palembang dilakukan 2 kali, yaitu 1,5 ton pada 17 Oktober dan 1,5 ton pada 19 Oktober mendatang.

Tim BNPB dan JICA sudah melakukan koordinasi. Rencana bahan kimia ini akan digunakan untuk water bombing dengan pesawat dari Indonesia.

Hingga saat ini belum ada informasi lebih lanjut bantuan dari negara lain seperti Rusia, Tiongkok, Korea, dan Thailand yang sebelumnya menyatakan akan memberikan bantuan. "Kementerian Luar Negeri masih terus menjajaki lebih lanjut bantuan tersebut," pungkas Sutopo. (Ron/Ans)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini