Sukses

2 Jenazah Terakhir Korban Tragedi Mina Jemaah Haji dari Jabar

Dua jemaah Jabar korban Mina akhirnya ditemukan.

Liputan6.com, Jakarta - Sebanyak 2 jemaah haji asal Jawa Barat dari Kloter 61 embarkasi Jakarta-Bekasi (JKS 61) yang menjadi korban wafat dalam tragedi Mina di Arab Saudi akhirnya ditemukan setelah melalui proses verifikasi dan identifikasi panjang.

"Akhirnya PPIH (Panitia Penyelenggara Ibadah Haji) bisa mengidentifikasi 2 jemaah yang menjadi korban peristiwa Mina," ujar Kepala Daerah Kerja (Daker) Mekah PPIH 1436H/2015M Arsyad Hidayat di Mekah, Arab Saudi, pada Jumat (16/10/2015) dini hari.

Dua jemaah yang telah dipastikan wafat tersebut adalah Nugroho Muhammad Sofwan Hadi dan Nji Saadah Eno Martawijaya. Dengan demikian, lanjut dia, total jemaah haji Indonesia yang menjadi korban wafat dalam peristiwa tersebut menjadi 129 orang. Terdiri dari 124 jemaah dari Tanah Air dan 5 WNI yang telah bermukim di Arab Saudi.

"Penemuan ini juga menjadi tanda berakhirnya pencarian korban Mina di pemulasaran mayat Al Muashim," ujar Arsyad.

Penemuan tersebut juga bersamaan dengan berakhirnya masa operasional kantor Misi Haji Indonesia Daker Mekah pada 16 Oktober 2016. Serta keberangkatan terakhir jemaah gelombang ke dua dari Mekah ke Madinah.

Sejak 28 September sampai 16 Oktober 2015, sebanyak 381 kloter meninggalkan kota Mekah. Sebanyak 184 kloter di antaranya telah kembali ke Tanah Air melalui Bandara Internasional King Abdul Aziz (KAAIA) Jeddah, Arab Saudi.

Adapun 197 kloter berangkat menuju Madinah untuk menjalani ibadah arbain sebelum kembali ke Tanah Air melalui Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA) Madinah. (Ant/Ndy/Mvi)*

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini