Sukses

Surat Suara Sudah Diterima dan Disortir

Surat suara dan logistik pilpres mulai didistribusikan. Di KPUD Kuningan, Jawa Barat, pelipatan surat suara yang melibatkan warga setempat itu ditemukan 17 lembar surat suara yang rusak.

Liputan6.com, Kuningan: Surat suara dan logistik pemilihan umum presiden mulai didistribusikan ke seluruh komisi pemilihan umum daerah di Indonesia. KPUD Kuningan, Jawa Barat, misalnya, telah menerima 830 ribu lembar lebih surat suara sesuai dengan kebutuhan pemilih. Jumlah ini menurun sekitar dua ribu orang dibanding pemilu legislatif lalu.

Ukuran lembar surat suara yang lebih kecil dibanding pada pemilu legislatif lalu memudahkan dalam penyortiran dan pelipatan. Proses ini dilakukan dengan melibatkan warga setempat dan dijadwalkan selesai dalam lima hari mendatang. Sejauh ini petugas baru menemukan 17 lembar surat suara yang rusak. Belum diketahui jumlah pasti surat suara yang rusak mengingat penyortiran masih terus dilakukan.

Sementara itu, sebanyak 740 ribu lembar lebih surat suara sudah diterima KPUD Kendal, Jawa Tengah. Dari dari penyortiran awal yang berlangsung kurang dari satu hari petugas sudah menemukan ratusan lembar surat suara yang rusak atau tidak jelas cetakannya. Seluruh surat suara yang rusak tersebut nantinya akan dikembalikan ke KPU provinsi. KPU menargetkan penyortiran dan pelipatan surat suara yang melibatkan seratusan orang tersebut akan berlangsung sampai lima hari.(YNI/VIN)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.