Sukses

Habibie Hadiahi Jokowi Buku Terbarunya `Rudy`

Berbeda dengan Habibie-Ainun, cerita di dalam buku 'Rudy' banyak berisi kisah-kisah perjalanan hidup Habibie yang belum terungkap ke publik.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menjamu Presiden ke-5 RI Baharuddin Jusuf Habibie, dalam acara makan siang bersama di Istana Merdeka, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa.

Usai menyantap makan siang bersama, Habibie memberikan sebuah buku kepada Jokowi berjudul '‎Rudy, Kisah Masa Muda Sang Visioner'. Buku bersampul biru itu mengisahkan perjalanan hidup pira asal Parepare itu pada masa mudanya.

Buku itu merupakan buku terbaru yang mengisahkan perjalanan hidup Habibie muda menjalani kehidupannya. Banyak kisah teladan dan pelajaran yang dapat diambil dari perjuangan Habibie dalam buku itu. Namun 'Rudy', kata Habibie, sangat berbeda dengan buku sebelumnya yang menjadi best-seller, Habibie-Ainun.

"‎Rudy beda dengan buku Habibie-Ainun, kalau Habibie-Ainun yang ditulis Habibie bukan karena dia mau tulis buku, tapi karena dia sakit. Kalau ini (Rudy) Habibie waktu umur 18 tahun," ucapnya di Istana Kepresiden‎an, Jakarta, Selasa, (13/10/2015). ‎

"Gimana mengisahkan anak kecil yang namanya Rudy singkatan dari Baharudin, bukan Rudolf, hingga ia tumbuh menjadi seorang pemuda," sambung dia.

Berbeda dengan Habibie-Ainun, cerita di dalam buku 'Rudy' banyak berisi kisah-kisah perjalanan hidup Habibie yang belum terungkap ke publik. Di antaranya, mengenai asal mula Habibie menyukai pesawat terbang, hingga akhirnya memproduksi sendiri melalui perusahaan BUMN, PT Dirgantara.

"Di sini diceritakan, bagaimana dia (Rudy) awalnya menyukai pesawat, sampai sudah buat kapal terbang, kapal selam, dia membantu beresi Indonesia, dia beresin. Dan kisah ‎istrinya tinggalkan dia, dia sedih, ya dia tulis. Gimana bisa demikian? Jawabannya ada di buku ini," jelas Habibie.

Terkait beberapa kisah hidupnya yang baru terungkap dalam buku tersebut, Habibie enggan menceritanan lebih detail. Untuk menjawab rasa penasaran itu, ia pun meminta agar masyarakat mencari jawabannya di buku yang diterbitkan oleh Bentang Pustaka itu.

"Saya rasa (biar penasaran), yang lain baca aja deh," pungkas Habibie seraya meninggalkan Istana‎. (Rmn/Dms)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Habibie

Video Terkini