Sukses

Saat Cosplay Pimpin Pawai Obor Tahun Baru Islam

Perayaan tahun baru Islam yang di peringati warga Klender, Jakarta Timur kali ini diramaikan dengan pawai kostum ala tokoh kartun jepang.

Liputan6.com, Jakarta - Sebagian besar umat Islam di Tanah Air malam ini merayakan malam pergantian tahun baru Islam 1437 Hijriah atau biasa disebut 1 Muharam. Dalam penanggalan jawa sendiri disebut 1 Suro. Berbagai acara digelar untuk memperingatinya, tak terkecuali acara pawai obor keliling kampung.

Namun, ada yang unik dari pawai obor yang diadakan warga Kampung Tegal Amba, Klender, Duren Sawit, Jakarta Timur. Mereka mengajak para peserta mengenakan kostum anime atau lebih dikenal cosplay.

Usai magrib, ratusan warga mulai berkumpul di depan Musala Al Abror yang terletak di Jalan Tegal Amba. Selepas Isya, warga semakin ramai dan sudah siap dengan obornya masing-masing.

Sekitar pukul 20.45 WIB, ratusan warga memulai pawai obor. Dentuman kembang api menandakan pawai mulai dilaksanakan.

Warga yang terdiri anak-anak hingga orang dewasa ini mulai memenuhi jalanan. Uniknya, pawai ini dipimpin oleh warga yang mengenakan cosplay robot.

Koordinator acara, Zaky mengatakan, pawai obor semacam ini memang sudah dilakukan setiap tahun. Biasanya pawai mengelilingi kampung hingga 2 kilometer.

"Ini memang agenda tahunan untuk menyambut tahun baru Hijriah," kata Zaky di lokasi, Selasa (13/10/2015).

Tak jauh dari lokasi pawai, tepatnya di Masjid Al Husna, masyarakat juga mengadakan tablig akbar. Panggung terbuka sengaja dibangun di halaman masjid. Masyarakat pun berbondong-bondong mendatangi halaman masjid untuk mengikuti acara ini.

Para alim ulama dan tokoh agama, seperti Habib Abrudurrohman bin Syech Al Jufri, Habib Sholeh bin Muhammad Baghir Al Althas, dan KH Munawir Aseli turut hadir dalam acara ini.

Tak hanya itu, sejumlah pejabat setempat juga hadir, seperti Wakil Walikota Jakarta Timur Husein Murad. Ada juga perwakilan dari kepolisian dan TNI. (Rmn/Dms)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini