Sukses

11 Kapal Sisir Danau Toba Cari Helikopter Hilang Kontak di Medan

11 kapal dikerahkan untuk mencari 4 penumpang helikopter lainnya yang belum diketahui keberadaannya.

Liputan6.com, Medan - Pencarian korban helikopter EC-130 PK-BKA milik PT Penerbangan Angkasa Semesta yang diduga jatuh di kawasan Danau Toba terus dilakukan. Hingga kini, tim SAR gabungan masih terus menyisir kawasan danau untuk mencari helikopter nahas tersebut.

Kabid Humas Polda Sumut Kombes Pol Helfi Asegaf mengatakan, setelah penemuan 1 korban selamat atas nama Fransiskus, 11 kapal dikerahkan untuk mencari 4 penumpang helikopter lainnya yang belum diketahui keberadaannya.

"11 Kapal dikerahkan untuk mencari 4 otang lainnya yang juga menjadi korban di dalam helikopter yang hilang kontak. Hingga kini tim masih terus melakukan pencarian," kata Helfi, Selasa (13/10/2015).

Dia menjelaskan dari 11 kapal yang dikerahkan, di antaranya adalah 3 kapal dari TNI AD, 3 kapal TNI AL, 3 kapal Polri dan 2 kapal masyarakat yang disewa oleh PT PAS untuk melakukan pencarian.

"Dari 11 kapal itu ada beberapa yang bahan bakarnya sudah habis, tim sedang menunggu bahan bakar dari Parapat dan Balige untuk terus melakukan pencarian," jelas Helfi.

Ia menerangkan, untuk kondisi Fransiskus sendiri saat ini sudah berangsur membaik. Fransiskus selamat setelah meloncat dari heli dan bertahan di tanaman enceng gondok, sedangkan 4 lainnya termasuk pilot dan enginering masih belum diketahui.

Sebelumnya, helikopter milik PT Penerbangan Angkasa Semesta yang terbang dari Samosir, pada Minggu pukul 11.33 WIB menuju Bandara Kualanamu hilang kontak. Helikopter tersebut terbang dari Siparmahan atau pantai barat Danau Toba melintasi Pematangsiantar menuju Bandara Kualanamu. Namun helikopter dengan tipe EC-130 PK-BKA tersebut hilang kontak sebelum tiba di Bandara Kualanamu. (Ron/Ado)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini