Sukses

Dugaan Pemalsuan Ijazah, Polisi Bidik Dosen Universitas Berkley

Diduga ada sejumlah dosen dari Universitas tersebut yang turut membantu tersangka [Liartha S Kembaren atau LK

Liputan6.com, Jakarta Penyidik Direktorat Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri mulai menyasar sejumlah pihak yang terlibat kasus dugaan pemalsuan ijazah dan penyelenggaraan pendidikan tanpa izin.

Dari dokumen yang diperoleh polisi berupa foto-foto wisuda Universitas Berkley, diduga ada sejumlah dosen dari universitas tersebut yang turut membantu tersangka Liartha S Kembaren atau LK.

"Termasuk yang ada di foto-foto wisuda itu, bisa dosen yang membantu dia," kata Kasubdit Politik dan Dokumen Dittipidum Bareskrim Polri Kombes Rudi Setiawan di Jakarta, Selasa (13/10/2015).

Rudi menambahkan, penyidik juga mengejar seseorang yang mengaku dosen di Berkley. Orang tersebut juga teridentifikasi ada di dalam beberapa foto wisuda mahasiswa Berkley.

"Kami masih dalami keterlibatan pihak lain. Itu kami kejar di mana dia berada. Dia bukan WNI," terang Rudi.

Sebelumnya, penyidik Direktorat Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri, resmi menetapkan pengelola sekaligus Rektor Universitas Berkley Jakarta (UBJ) Liartha S Kembaren sebagai tersangka atas kasus dugaan pemalsuan ijazah dan surat keterangan menteri soal ijazah luar negeri. (Ron/Ado)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini