Sukses

Bisa Diakses Ponsel, 7 Ribu CCTV Akan Dipasang di Jakarta

Langkah ini dilakukan agar masyarakat dapat merasa lebih aman atas adanya kamera-kamera tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - Ribuan CCTV akan dipasang tersebar di Jakarta. Pelayanan ini dimaksudkan agar masyarakat Ibukota dapat merasa lebih aman atas adanya kamera-kamera tersebut.

"Kita mau pasang CCTV di seluruh tower telekomunikasi di jalan, diarahin ke jalan, biar bisa liat pelat nomor. Biar ada social control lah. Ada 7 ribuan CCTV dipasang," kata ‎Dirut Indosat Alex Rusli di Balaikota Jakarta, Selasa (13/10/2015).

Atas rencana itu, Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama menyambut baik niat Indosat memasang CCTV itu. Pria yang akrab disapa Ahok itu menyampaikan CCTV tersebut nantinya akan terkoneksi dengan aplikasi Jakarta Smart City.

"‎Free buat intip. Nanti terkoneksi dengan smart city kita. Nanti pakai HP (telepon selular) bisa buka sendiri," ujar Ahok.

Agar koneksi dari gambar yang terekam di CCTV bisa diterima dengan baik, maka dibutuhkan jaringan yang kuat. Pemerintah sendiri sedang menargetkan 2016 terpasang jaringan 4G.

Pihak Indosat menilai jaringan 4G ini terkendala dengan banyaknya gedung-gedung pencakar langit di Jakarta. Ahok pun segera menyurati pemilik gedung agar mau diajak kerja sama demi kelancaran jaringan.

Bila pihak gedung tak bersedia diajak kerja sama, Ahok mengancam tak akan memberi sertifikat layak fungsi gedung. Karena langkah tersebut dinilainya sebagai bentuk dari pelayanan fasilitas umum.

"Jadi semua orang bisa nikmati, jangan dijualin dong," tukas Ahok. (Ali/Ado)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini