Sukses

Terhalang Kabut Asap, Nelayan Jambi Sering Kesasar

Ada pula yang tidak sadar telah berada di perairan daerah tetangga.

Liputan6.com, Jakarta - Sudah hampir 3 bulan kabut asap terus menyelimuti Provinsi Jambi, tak terkecuali kawasan perairan di bagian timur daerah itu. Mayoritas nelayan yang memilih tidak melaut. Namun, ada juga nelayan yang nekat melaut.

Demi memenuhi perut keluarga, mereka nekat melaut di tengah asap pekat. Bahkan pekatnya kabut asap membuat sejumlah nelayan tersesat di tengah laut. Ada pula yang tidak sadar telah berada di perairan daerah tetangga.

Amir (37), salah seorang nelayan di Pantai Kualatungkal, Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Jambi mengungkapkan kabut tebal tak hanya menyelimuti daratan. Jarak pandang di lepas pantai juga minim karena asap.

"Banyak nelayan yang memilih tak melaut, tapi tak jarang ada juga yang melaut, karena pekat saya pernah nyasar ke laut lepas," ujar Amir kepada Liputan6.com, di Jambi, Selasa (13/10/2015).

Dia sadar melaut di tengah kabut asap penuh risiko. Namun, tuntutan ekonomi memaksa sejumlah nelayan sepertinya memilih tetap mencari ikan di lautan.

"Bahkan tahun lalu sampai ada yang hilang karena nyasar. Acuan arah yang biasa kami pakai tertutup kabut asap," kata Amir.

Untuk menyiasati agar tidak kesasar, Amir bersama beberapa nelayan memilih mencari ikan dengan melempar jaring di bibir pantai. "Namun ya itu, hasilnya sedikit, tapi mau bagaimana lagi demi menutupi kebutuhan sehari-hari," ujar Amir.

Seorang nelayan lainnya, Idham mengaku memilih mencari kerang di pantai timur Jambi. Tak jarang, dia juga 'nyambi' jadi kuli bangunan demi untuk menambah pendapatan. Kabut asap yang tak kunjung hilang, benar-benar membuat ratusan nelayan di pantai timur Jambi memutar otak lebih keras demi menghidupi keluarganya.

"Sudah hampir sebulan lebih saya tidak melaut. Asap tak kunjung hilang, jadi harus berpikir keras mencari lokak (sumber usaha) lain," kata Idham.

Badan Research and Rescue Nasional (Basarnas) Provinsi Jambi jauh-jauh hari sudah mengeluarkan sinyal peringatan kepada para nelayan agar lebih waspada akan kabut asap di Jambi.

Kabid Operasional Basarnas Jambi, Akmal mengatakan, kondisi kabut asap masih tergolong cukup pekat. Tidak hanya bisa mengganggu kesehatan, tetapi bisa membahayakan aktivitas para nelayan.

Oleh karena itu, Basarnas mengingatkan nelayan di pantai timur Provinsi Jambi, meliputi Kabupaten Tanjung Jabung Barat dan Kabupaten Tanjung Jabung Timur, untuk berpikir ulang ketika tetap ingin melaut.

"Sebelumnya sudah kita sampaikan ke pada instansi dan warga lewat siaran radio, termasuk pihak pelabuhan untuk mempertimbangkan jika ingin berlayar pada saat kabut asap karena ini beresiko," ujar Akmal baru-baru ini.

Meski belum ada korban jiwa, Basarnas selalu siaga jika sewaktu-waktu ada nelayan hilang karena kabut asap. Khusus di perairan timur Jambi, Basarnas telah menyiapkan kapal khusus untuk melakukan pencarian jika diperlukan. (Bob/Ali)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini